PT IKPP Gandeng Universitas Lancang Kuning Gelar Pelatihan Bank Sampah

Kilasriau.com - Tingkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah, PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP) Perawang Mill, melalui Corporate social responsibility (CSR) menggelar pelatihan Bank Sampah se Kecamatan Tualang.

Kegiatan itu menggandeng bank sampah Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Prama Widayat SE, MM dan Alexander Yandra S,IP, M,IP,  dalam memberikan edukasi kepada 30 orang peserta pelatihan di rumah pintar Abdul Wahid, di kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Selasa 18 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, direktur Bank Sampah Universitas Riau Prama Widayat SE, MM didampingi wakil direktur Alexander Yandra S,IP, M,IP, mengatakan Bank sampah merupakan salah satu strategi penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam pengelolaan sampah yang menjadi permasalahan lingkungan saat ini.

"Tingginya angka pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga menjadikan bank sampah sebagai salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan lingkungan saat ini. Maka dari itu, peran kepedulian Baik itu dari pemerintahan, perusahaan serta elemen masyarakat menjadi sangat penting saat ini," ungkapnya saat memberikan materi pelatihan bank sampah di Rumpin Abdul Wahid di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Dihadapan 30 puluhan peserta pelatihan bank sampah itu, ia meminta kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius, sehingga materi yang disampaikan dapat menjadi manfaat besar untuk lingkungan sekitar.

"Harapan kita para peserta ini dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius. Karena nantinya para peserta inilah yang akan mensosialisasikan pentingnya pengelolaan sampah di tengah masyarakat. Tentunya dengan peran berbagai pihak baik itu pemerintah, perusahaan dan elemen masyarakat lainnya," terangnya.

Wakil direktur Bank sampah Unilak Alexander Yandra S,IP, M,IP, menambahkan, kedepannya para peserta ini perlu edukasi dan dukungan penuh untuk pengembangan di setiap desa agar program bank sampah ini menjadi program yang berkelanjutan.

"Setelah pelatihan ini selesai, besar harapan kita, pemerintah dapat mensuport para peserta dalam pengembangan bank sampah ini di setiap desa sehingga program ini menjadi program yang berkelanjutan," sebutnya.

Sementara itu, Pimpinan PT IKPP Perawang Mill Hasanuddin The melalui kepala CSR Murseno SAP mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk upaya perusahaan dalam menekan penumpukan sampah di Kecamatan Tualang dan juga untuk membantu masyarakat dalam mengelola serta memanfaatkan sampah sebagai peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sampah ini merupakan hal yang selalu kita jumpai setiap harinya. Namun kita tidak menyadari ada harga ekonomi disana jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Oleh karena itu, kami (PT IKPP) tergerak untuk membantu masyarakat dengan memberikan pemahaman dan peluang pelatihan untuk mengelola bank sampah," sebut Murseno.

Murseno juga mengatakan, pada pelatihan pengelolaan sampah tersebut, peserta yang berasal dari desa dan kelurahan se kecamatan Tualang itu diberikan materi dan pemahaman dalam mengelola sampah agar lebih bernilai ekonomi.

"Materi yang diberikan oleh narasumber kita hari ini adalah tentang pemahaman proses pengelolaan sampah sehingga dapat dikelola dan menghasilkan berbagai produk yang bernilai ekonomis," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan diberikannya pelatihan tersebut, dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat dan dapat terciptanya implementasi dari ekonomi hijau, sehingga lingkungan masyarakat menjadi lingkungan yang sehat.

"Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi timbulnya sampah rumah tangga dan terciptanya rantai ekonomi dari industri kecil menengah dari pengolahan sampah, apalagi bahan baku berupa sampah banyak tersedia, sehingga kami berharap peserta pelatihan dapat mengolah dan merubah bentuknya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis, PT IKPP melalui CSR siap memberikan support penuh kepada masyarakat untuk menciptakan trobosan dalam kelestarian lingkungan," harapnya.

Menanggapi hal itu, Camat Tualang Tengku Indra Putra S,STp, MSi menyampaikan ungkapan terima kasih kepada PT IKPP Perawang Mill, yang telah menaruh kepedulian yang sangat besar untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membantu masyarakat guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta ekonomi masyarakat.

"Terima kasih kami ucapkan kepada PT IKPP yang telah perduli dan berkontribusi kepada masyarakat Kecamatan Tualang dengan memberikan peluang-peluang pelatihan seperti saat ini. Semoga kepedulian perusahaan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dan kualitas lingkungan," sebutnya.






Tulis Komentar