Rahmat Darmawan Harapkan Pengajuan Pembangunan Jaringan Internet di Desanya Terlaksana

foto: Istimewa

TANJUNG PAUH, KUANSING - Baru-baru ini Pemerintah Desa Tanjung Pauh kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode bulan Juli, Agustus, September Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Desa Tanjung Pauh kecamatan Singingi Hilir, kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

BLT DD Bulan Juli hingga September Tahun 2022 telah disalurkan oleh Pemerintah Desa Tanjung Pauh kepada 117 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM masing-masing menerima bantuan sebesar Rp.300.000,- perbulannya.

Hadir dalam giat tersebut Pj Kades Rahmat Darmawan, SP, Ketua BPD, Hikmah Amali, SSos, beserta anggota BPD,
Perangkat desa Tanjung Pauh, dan seluruh KPM.

Dimana, dalam proses penyaluran BLT DD Bulan September Tahun 2022 berlangsung tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar.

Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Tanjung Pauh, Rahmat Darmawan mengatakan bahwa, dengan adanya bantuan dana untuk masyarakat seperti ini diharapkan kepada warga penerima BLT DD agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain.

"Jelas, tujuan BLT DD ini adalah penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), yakni pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, SDGs nomor 1," begitu dikatakan Rahmat.

"Kami harapkan kepada para KPM, bantuan BLT DD ini benar-benar untuk kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.

Yang mana, BLT DD ini juga bertujuan untuk pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19, meningkatkan tanggung jawab sosial bersama dan sebagai perlindungan sosial masyarakat.

Rahmat juga mengatakan bahwa, BLT DD ini sangat bermanfaat bagi KPM, sebab dengan adanya BLT DD ini, berdampak pada penurunan beban pengeluaran bagi KPM itu sendiri.

"Agar masyarakat kurang mampu tetap dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

"BLT-DD juga bertujuan mencegah turunnya taraf kesejahteraan masyarakat miskin akibat kesulitan ekonomi. BLT-DD Tahun 2022 ini sebanyak 82 Kepala Keluarga disalurkan secara Tunai selama 12 Bulan, dan Perbulan mendapatkan sebesar Rp. 300.000,-/KK," kata Rahmat menjelaskan.

Selain itu, Pj Kades Rahmat mengatakan, dari segi pemberdayaan juga sudah kami terapkan sebagai pembangunan desa untuk masyarakat.

"Kita sudah buat kebun pepaya dan duah bidang kolam ikan," katanya.

"Karena di desa ini belum ada jaringan internet, maka kami juga sudah mengajukan penawaran untuk membangun dan mendirikan tower setinggi 25 meter," ungkap Rahmat.

"Sekarang tinggal menunggu pihak dari jaringan yang insyaAllah 2 minggu ke depan akan menjawab dari penawaran tersebut," demikian Pj Kades Tanjung Pauh, Rahmat Darmawan menuturkan.

Sementara, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung Pauh, Hikmah Amalia, SSos mengatakan hal senada terhadap perkembangan pembangunan di desanya.

"Mudah-mudahan dengan kerjasama Pj Kades Tanjung Pauh dengan BPD untuk kemajuan desa, diharapkan ada kemajuan yang pesat dan melayani masyarakat desa ini," harap Hikmah.

"Kami juga berharap, dan sampaikan kepada masyarakat, agar para penerima bantuan dana desa, mempergunakan bentuan itu untuk kebutuhan sehari-hari," demikian Ketua BPD Tanjung Pauh, Hikmah Amalia, SSos menyampaikan (*)






Tulis Komentar