Forkopimcam Batang Tuaka Gelar Simulasi Karhutla

Forcopimcam Kecamatan Batang Tuaka bersama peserta melihat kondisi Karhutla

KILASRIAU.com - Dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar simulasi penanganan Karhutla di Desa Sungai Rawa, Sabtu (1/10/22).

Dimana simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas (Masyarakat Peduli Api (MPA) pada setiap desa khusus Kecamatan Batang Tuaka di unit kerja masing-masing dan lainnya.

"Pada dasar nya kegiatan ini kami laksanakan untuk berupaya dalam penanganan Karhutla sehingga pihak managemen merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas MPA di setiap desa Kecamatan Batang Tuaka," jelas Camat Batang Rahelmi.

Lebih lanjut Rahelmi menyebutkan Forcopimcam Kecamatan Batang Tuaka terus berupaya pengendalian Karhutla dan menyikapi kejadian di wilayah kerja masing-masing serta membentuk sinergitas antara forkopimcam, RPK perusahaan dan MPA terus digalakkan dalam rangka menjaga zero fire

"Jadi, Forcopimcam Kecamatan Batang Tuaka memberi edukasi langkah - langkah yang harus dilakukan masyarakat menjadi lebih tanggap apabila terjadi Karhutla, serta dapat memadamkan api secara mandiri sembari menunggu petugas pemadam kebakaran," ucapnya.

Terakhir Camat Batang Tuaka Rahelmi berharap dengan adanya simulasi ini, masyarakat lebih tahu bagaimana cara memadamkan api ketika terjadi Karhutla baik menggunakan air, alat pemadam api ringan (apar), maupun tangki air atau selang air di masing - masing desa sehingga lebih profesional dalam penanganan Karhutla.

"Intinya simulasi ini sebagai langkah antisipasi dini melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mana hal tersebut menyikapi potensi Karhutla saat memasuki musim kemarau di Kecamatan Batang Tuaka. Maka dari itulah besar harapan kami masyarakat benar-benar dapat memberikan dukungan serta memahami ilmu yang telah didapat hari ini," imbuhnya

Kegiatan simulasi tersebut turut diikuti oleh Forkopimcam Batang Tuaka, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, RPK PT BDL, Masyarakat Peduli Api (MPA) se-kecamatan Batang Tuaka dan Kepala Desa se - kecamatan Batang Tuaka.






Tulis Komentar