Tampil Memikau Saat Pawai Bagholek Godang, LLP Baik Perkenalkan Budaya Adat Istiadat Kampar

Foto bersama.

 

KILASRIAU.com  - Kabupaten Kampar adakan pesta rakyat/festival 2022 selama satu minggu kedepan, yaitu ditanggal 06/12-08-2022 dengan tema Kampar Bangkok Godang merupakan suatu ivent memperkenalkan seni, budaya,kuliner dan kreatif kampar yang dilaksanakan dilapangan merdeka Bangkinang Kota.

Pj Bupati Kampar Dr H  Kamsol membuka langsung  event bagholek godang yang akan menampilkan prosesi adat perkawinan, gelar budaya, muslim fashion Show, pawai budaya,pameran pembangunan dan bazar serta hiburan rakyat selama event ini berlangsung.

Tak ketinggalan Lembaga Pendidikan dan pelatihan Budaya Adat Istiadat Kampar (LLP BAIK) yang beralamat di Kec salo, ikut memeriahkan festival bagholek godang dengan menampilkan musik tradisional Calempong dan Basisombau/Basiacuong dengan aksi memukau sepanjang perjalanan balai bupati finish di lapangan merdeka kab kampar berhasil membuat mata pengunjung terpukau melihatnya. 

Hadirnya LLP BAIK diacara event tersebut diketuai oleh usman Efendi SE yang turut hadir, Saat diwawancara tim media Kilas Riau beliau mengatakan, "Dukungan kepada pemda kampar dalam menyelenggarakan festival bagholek godang, yang mana event ini menumbuhkan semangat ingin berlajar masyarakat khususnya kaum milenial untuk mengenal tradisi adat yang mulai hilang di naghoyi kampar serambi mekkah. Hadirnya LLP BAIK diharapkan menjadi kebangkitkan generasi muda mendalami adat istiadat kampar " tutur usman Efendi yang juga tenaga pendidik di kampar. 

Ditambahkan lagi, harapan kami Pemda kampar dapat menjadi mitra di LPP BAIK kedepannya dalam pengembangan seni musik dan basiacuong yang merupakan adat kampar yang hampir hilang, labih tepatnya menjadikan pelajaran tambahan ekstrakurikuler di sekolah -sekolah yang ada dikampar "ucap ketua Lpp Baik usman Efendi.

Dari ribuan pengunjung KILASRIAU.com mewawancara salah pengunjung Bernama Aswarudian merupakan warga Kab Kampar "Saya merasa terhibur dengan alunan musik calempong yang masih asli ini katimbang calempong yg berklaborasi dengan alat musik modren, hal ini mengingatkan saya sewaktu kecil lalu sering mendengar musik calempong pada acara sunat ataupun bai namo pajie dan baru sekarang saya mendengarkan lagi yang dimainkan oleh rombongan LLP BAIK/No urut 25, saya berharap tradisi ini terjaga dan ada penerusnya nanti, karna ini tradisi kampar. Tutup aswarudian.

Tak hanya itu, LLP BAIK rabu malam kembali tampil dipanggung bagholek godang namun bukan calempong akan tetapi Basiacuong/Basisombau.






Tulis Komentar