Mahasiswa Kukerta UNRI selenggarakan Perlombaan 1 Muharram

KILASRIAU.com - Mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau (Unri) menyelenggarakan Perlombaan 1 Muharram untuk menumbuhkan semangat anak-anak di lingkungan Desa Petapahan Jaya, Petapahan Jaya 27-29 Juli 2022.

Kegiatan Perlombaan 1 Muharram merupakan salah satu rangkaian program kerja yang telah direncanakan oleh mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau (Unri) di Desa Petapahan Jaya yang terletak di Kecamatan Tapung, Kampar sejak 7 Juli 2022.

Hal ini dilakukan mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau bertujuan untuk melatih anak-anak di Desa Petapahan Jaya untuk lebih berani menampilkan bakat mereka di depan banyak orang. Selain itu perlombaan ini juga diharapkan dapat memacu semangat anak-anak untuk mengembangkan bakat mereka.

Kegiatan ini dirancang oleh Kukerta Balik Kampung di Desa Petapahan Jaya yang beranggotakan Muhammad Rizky Aulia (Matematika), Andre Azhari (Matematika), Atika Indriani (Pendidikan Bahasa Inggris), Reni Ramadhani (Pendidikan Fisika), Endang Rahayu (Pendidikan Kewarganegaraan), Tika Eriyanti (Ilmu Pemerintahan), Rezaldi Prastya Utama (Ilmu Pemerintahan), Sulistiawati (Ilmu Pemerintahan), Wadiah Amalina (Ilmu Pemerintahan), dan Ahmad Zailani (Teknik Mesin).

Ada 4 jenis lomba yang telah dirancang oleh Kukerta Universitas Riau antara lain perlombaan Adzan, Tilawatil Qur’an, Tahfidz Juz Amma’, dan Fahmil (Cerdas Cermat). Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai dari babak penyisihan, babak final hingga pengumuman serta pemberian hadiah untuk para pemenang lomba 1 Muharram di Desa Petapahan Jaya. Kegiatan perlombaan ini dimulai dari pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Masjid Jami’ Baiturrahman dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Miftahun Najah Desa Petapahan Jaya.

Kegiatan Perlombaan 1 Muharram ini berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Juli 2022. Pada tanggal 27 Juli diselenggarakan pembukaan acara (Opening Ceremony), pencabutan undian lomba, lalu dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan Adzan dan Tilawatil Qur’an. Perlombaan Adzan dilaksanakan di MDTA Miftahun Najah, dan perlombaan Tilawatil Qur’an di Masjid Jami’ Baiturrahman. Kegiatan pembukaan perlombaan dihadiri oleh Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Jami’ Baiturrahman, Guru MDTA Miftahun Najah, pengurus Masjid Jami’ Baiturrahman, peserta lomba, serta masyarakat Desa Petapahan Jaya. Kegiatan ini mendapat tanggapan baik dan antusias yang tinggi dari masyarakat Desa Petapahan Jaya dan peserta lomba dalam memperingati 1 Muharram.

Kemudian pada tanggal 28 Juli 2022, dilanjutkan perlombaan Tahfidz Juz Amma’ dan Fahmil (Cerdas Cermat). Lomba Tahfidz dilaksanakan di Masjid Jami’ Baiturrahman, sedangkan untuk lomba Fahmil dilaksanakan di MDTA Miftahun Najah. Selama perlombaan terlihat antusias tinggi dari peserta lomba dalam mengikuti perlombaan.

“Kami sangat bersyukur karena kegiatan ini telah kami rencanakan selama 2 pekan dengan baik sehingga esensinya pun tercapai dan hasilnya sangat memuaskan.” kata Rizky.

Ditambahkan rekannya, Rezaldi dalam keterangannya menyebutkan, diakuinya memang ada sedikit kendala di lapangan, namun dapat diatasi. “Kalau soal kendala ada beberapa kendala yang terjadi seperti pengunduran jam pelaksanaan, namun dengan kerjasama yang baik diantara rekan-rekan, masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Apalagi anak-anak ataupun peserta sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut,” ungkap Rezaldi.

Menurut mahasiswa Kukerta Universitas Riau, kegiatan yang dilaksanakan ini tidak terlepas dari peran penting masyarakat dan Pemerintah Desa Petapahan Jaya dalam mendukung kelancaran acara ini sehingga dapat dengan sukses dilaksanakan.

“Kegiatan yang kalian lakukan disini merupakan hal yang sangat positif. Saya katakan hal yang positif karena kegiatan ini dapat memacu anak didik kita untuk menjadi generasi yang lebih baik. Untuk mereka bisa merasakan sekali-kali merasakan bagaimana rasanya merasakan fastabikul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Bisa mengunggulkan diri sebagai pemenangnya. Jadi, anak-anak yang belum menang dapat termotivasi untuk lebih giat belajar dan tidak mudah putus asa dalam meraih cita-citanya”. Ungkap Kepala Dusun II Desa Petapahan Jaya.

Pihak BKM Masjid Jami’ Baiturrahman juga sangat mendukung diadakannya kegiatan ini seperti yang diungkapkan oleh Ali Subhan selaku ketua BKM. “Selaku pengurus masjid mendukung kegiatan ini karena untuk melanjutkan dan membentuk generasi muda yang bisa dibanggakan. Karena generasi yang bisa dibanggakan adalah generasi yang berprestasi demi kemajuan umat Islam.”






Tulis Komentar