Penyerahan KIA Kepada Pengurus Forum Anak Indragiri Hilir

 

Kilasriau.com -INHIL - Penyerahan Identitas KIA Kepada Pengurus Forum Anak kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Didampingi DP2KBP3A kabupaten Inhil yang telah difasilitasi pembuatannya oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Inhil.

Secara simbolis Dinas Dukcapil Kabupaten Inhil menyerahkan KIA berjumlah 5 KIA kepada perwakilan Forum Anak Kabupaten Inhil, Kamis (21/7/22) di Kantor Disdukcapil Tembilahan Kabupaten Inhil jl. Swarna Bumi Tembilahan.

KIA berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan dan pelayanan publik, dan upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. 

Tidak hanya sebagai data penduduk, KIA juga memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah, mencegah terjadinya perdagangan anak, melindungi pemenuhan hak anak, menjadi bukti identitas diri ketika anak sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk, sebagai syarat mengurus perbankan bila anak ingin memiliki tabungan sendiri, sebagai syarat mendaftar BPJS dan mengurus klaim asuransi. 

Saat diwawancarai kepala DP2KBP3A diwakili oleh Kepala bidang PPA dan PHA DP2KBP3A, Siti Munziarni SKM MKS menyampaikan ucapan terimakasih atas penyerahan KIA Kepada Pengurus Forum Anak kabupaten Inhil.

"Atas nama DP2KBP3A mengucapkan terimakasih Disdukcapil telah memfasilitasi adanya KIA bagi anak-anak kita di wilayah Kabupaten Inhil," ujarnya

Kedepannya harapan kami seluruh forum anak di Kecamatan, Kelurahan dan desa itu diaktifkan kembali oleh Kecamatan Kelurahan dan desa untuk bisa memfasilitasi hak-hak anak di seluruh wilayah Kabupaten Inhil dalam rangka pembuatan Akte maupun Kia bagi anak-anak kita semua.

"Forum anak yang sudah terbentuk mari kita aktifkan kembali mau itu di tingkat kecamatan, kelurahan, ataupun desa, kita akan ikut sertakan mereka dalam musrenbang. Kita harapkan mereka dapat menyampaikan ide-ide yang selama ini tidak tersalurkan. Siapa tahu ide-ide mereka dapat mendukung upaya pembangunan dikabupaten Inhil, terutama di kelurahan maupun kecamatan, dan desa," harapnya.






Tulis Komentar