Bupati Inhil dan Ketua TP PKK Hadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

peringatan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tingkat Kabupaten Inhil. Dihadiri Bupati M.Wardan dan Ketua TP PKK.

TEMBILAHAN, KILASRIAU.com - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Kabupaten Inhil Tahun 2018, Selasa (23/10/18) di halaman SDN 007 dan SDN 008 Jalan Bunga Tembilahan.  

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, unsur Forkopimda Inhil, sejumlah Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Inhil, Ketua Organisasi-organisasi Wanita di Lingkungan Pemkab Inhil, Kepala Sekolah beserta Majelis Guru SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan, tenaga kesehatan, murid kelas 1-6 SDN 007, murid kelas 1-6 SDN 008, murid kelas 5-6 MIN Tembilahan, serta tamu undangan lainnya.  

Kegiatan yang ditaja oleh TP-PKK Inhil dan Dinas Kesehatan Inhil ini, mengusung tema "Masa Depan Kita Ada di Tangan Kita." 

Tujuan dilaksanakannya peringatan HCTPS ini ialah untuk menerapkan kegiatan cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat yang akhirnya akan menjadi perilaku hidup bersih dan sehat, sebab tangan merupakan bagian penting untuk menjaga makanan aman, mencegah penyakit, dan membantu anak-anak tumbuh dengan kuat dan sehat. 

Bupati Inhil bersyukur dan bahagia dapat bersilaturahmi dengan keluarga besar SDN 007 & SDN 008. "Alhamdulillah pada hari ini kita dapat berkumpul dan bersilaturahim di sekolah ini dalam rangka peringatan HCTPS yang merupakan kampanye yang sudah dicanangkan sejak tahun 2008 lalu oleh PBB untuk menyerukan perlunya peningkatan kualitas kesehatan dengan praktek higiene dan sanitasi di seluruh dunia," ujarnya.  

Peringatan HCTPS ini, pada dasarnya dilaksanakan secara global setiap tanggal 15 Oktober tiap tahunnya guna mengingatkan kita akan pentingnya masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan generasi masa depan untuk menerapkan prilaku hidup sehat sejak kecil, apalagi cuci tangan pakai sabun ini merupakan suatu perilaku hidup sehat yang dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa biaya mahal serta telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit. 

Senada dengan yang dikatakan Bupati, Ketua TP-PKK Inhil juga menjelaskan bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.

 "Meskipun demikian, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan menyadari akan hal tersebut. oleh sebab itu, peringatan HCTPS ini penting kita laksanakan, untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat, sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian akibat penyakit tertentu, serta pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. disamping itu, peringatan HCTPS ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah," terang Zulaikhah.  

Ibunda Negeri Hamparan Kepapa Dunia ini mengutarakan, penyelenggaraan HCTPS di SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan ini merupakan sebuah komitmen dan langkah nyata gerakan PKK membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai sejak dini, sekaligus menyokong pembangunan daerah khususnya dalam bidang kesehatan.  

Pada kesempatan tersebut Bupati Inhil menyerahkan bantuan alat dan perlengkapan cuci tangan dari Dinas Kesehatan Inhil, serta bingkisan berupa kain sarung dan mukena kepada anak yatim piatu SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan.  

Usai acara ceremoni, dilanjutkan dengan penyampaian tata cara cuci tangan pakai sabun serta tarian peragaan cuci tangan pakai sabun oleh TP-PKK Inhil, tenaga kesehatan, serta murid SDN 007 & SDN 008. Acara ditutup dengan pelaksanaan cuci tangan pakai sabun oleh Bupati dan Ketua TP-PKK beserta rombongan.






Tulis Komentar