Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau Laksanakan Survei ke Kantor Inhil

KILASRIAU.com  - Memasuki Tahapan Pemilu Tahun 2024, Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau melaksanakan supervisi ke Kantor Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Jumat (24/6/22).

Kedatangan Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau yang diwakili Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Hasan, M.Si tersebut diterima secara langsung oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Rois Habib, S.IP.

Hasan mengingatkan kepada seluruh jajaran Pimpinan dan Staf Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir agar terus mempersiapkan diri mengingat saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu 2024.

"Dengan telah masuknya tahapan Pemilu 2024 yang dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 lalu perlu kesiapan kita semua terutama pada tahapan penyusunan DPT, untuk itu terus lakukan koordinasi dengan pihak KPU berkaitan penyusunan DPT ini," ujarnya.

Disamping itu, hal yang tak kalah penting untuk menjadi perhatian adalah tahapan Pendaftaran Partai Politik yaitu yang akan dimulai pada tanggal 29 Juli hingga 13 Desember 2022 mendatang.

"Untuk tahapan Pendaftaran Partai Politik ini disamping kita harus melakukan pengawasan secara seksama kita juga harus siap jika sewaktu-waktu ada Partai Politik yang ingin berkonsultasi dengan Bawaslu," pesannya.

Hasan juga memberikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir mengingat hingga saat ini merupakan Bawaslu di Provinsi Riau yang paling banyak melakukan kerjasama baik dalam bentuk MoU maupun MoA dengan berbagai lembaga dan instansi.

"Disamping paling banyak melakukan MoU dan MoA, Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir juga aktif dalam menindaklanjuti dan merealisasikan apa yang menjadi isi dari MoU dan MoA tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Rois Habib nenyebutkan hingga saat ini Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir telah melakukan 18 MoU dan MoA dengan berbagai lembaga dan instansi yang diantaranya adalah Kemenag, Diskominfo, Dinas PMD, Disdik, UNISI, STAI Auliaurrasyidin, IAI Ar-Risalah, Fisipol Unri, Fakultas Hukum UNISI, LPPM UNISI, PC Muslimat NU, Komunitas Emak Sehat, SMKN 1 Tembilahan, Desa Junjangan, Desa Bolak Raya, Desa Sialang Panjang, Desa Sungai Gantang dan Desa Petalongan.

"Kami juga telah merencanakan akan menjalin MoU dengan 50 organisasi lagi baik yang bersifat kepemudaan, agama, suku maupun kemahasiswaan guna meningkatkan pengawasan partisipatif diseluruh lapisan masyarakat. Selain itu, hingga saat ini kami juga terus melakukan peningkatan SDM dalam rangka menghadapi tahapan Pemilu 2024 baik dengan diskusi rutin maupun praktek simulasi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses," jelas Rois.






Tulis Komentar