Dandim Inhil Bersama Forkopimda Lakukan Launching Ketahanan Pangan

KILASRIAU.com  - Dandim 0314/lnhil bersama Bupati lnhil dan seluruh Forkopimda Kabupaten lnhil lakukan Launching dengan Danrem 031/Wira Bima dan Gubernur Riau secara life dari lokasi lahan ketahanan pangan Kodim 0314/lnhil di Kelurahan Pekan Arba, jalan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan, Kabupaten lnhil. Senin,(18/04/2022).

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, S.A.P yang menjelaskan bahwa program ketahanan pangan ini merupakan suatu upaya TNl untuk membantu pemerintah dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi Nasional.

Danrem juga mengatakan bahwa program ini merupakan ide atau gagasan saya sendiri dengan menyiapkan lahan 1000 Hektare yang tersebar di wilayah wilayah seprovinsi Riau melalui satuan satuan yang ada dibawah naungan Korem 031/Wira Bima dengan tanaman utama padi,jagung,nanas dan semangka.

Senada dengan itu,Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya program yang dicanangkan oleh Danrem 031/Wira Bima yang mana memang kita diminta oleh bapak Presiden agar dapat mengendalikan pangan di setiap daerah dan wilayah.

Mudah mudahan dengan adanya gagasan Danrem dalam program ketahanan pangan ini dapat meningkatkan ketersediaan pangan diwilayah provinsi Riau dan hasilnya nanti betul betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara penanaman benih tanaman secara serempak yang mana benih yang ditanam oleh Kodim 0314/lnhil adalah benih tanaman padi.

Setelah acara penanaman benih,kegiatan Video konference dilanjutkan kembali dengan memaparkan luas yang disiapkan dan kendala kendala dilapangan.

Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, S.E., M.Tr(Han) dalam paparannya melaporkan bahwa untuk luas lahan ketahanan pangan Makodim 0314/lnhil sendiri adalah seluas 6 Hektare dengan jenis tanaman padi,dengan nama kelompok tani yaitu Gemah Ripah dengan petugas penyuluh lapangannya ibu Ratih.

Sedangkan yang di beberapa titik hamparan lainya yang disiapkan oleh Koramil Koramil jajaran Kodim 0314/lnhil menanam berbagai jenis tanaman diantaranya padi,jagung dan ubi kayu dengan total jumlah luas lahan sejumlah 31 Hektare.

Untuk kendala yaitu kami disini tidak bisa menggunakan alat berat atau seperti mesin bajak besar atau traktor karena disini tanahnya tanah rawa dan gambut sehingga paling bisa kita menggunakan alat Handtraktor saja itupun harus dibilas beberapa kali baru bisa siap untuk ditanami.

Kalau masalah pengairan,insya Allah diwilayah Kabupaten lnhil ini sangat cukup.






Tulis Komentar