Taja Program 'Emak-emak Kepo Politik' Komunitas Emak Sehat Sukses Gandeng KPU Bawaslu dan Kesbangpol Inhil

Foto Bersama setelah melaksanakan diskusi Menggali Informasi Pelaksanaan Pesta Demokrasi Tahun 2024

KILASRIAU.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas diri serta menininkat keilmuan khususnya dunia perpolitika, Komunitas Emak-emak Sehat menyelenggarakan Program Emak Sehat Kepo Politik dengan tema "Menggali Informasi Pelaksanaan Pesta Demokrasi tahun 2024" di Sekretariat Emak Sehat Jalan SKB Tembilahan, Jum'at (18/02/22).

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhil Herdian Asmi menuturkan Program Emak Sehat ini adalah sebuah kegiatan yang sangat positif apalagi digagas oleh komunitas Emak-emak kaum perempuan yang menunjukkan bahwa Emak-emak adalah generasi yang peduli dengan perkembangan politik khususnya yang ada di Kabupaten Inhil. 

 

"Kepedulian Emak-emak kita ini sangat baik dan patut di aspirasi karena keinginan tahunan nya terhadap tahapan-tahapan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang," ucapnya. 

 

Selain itu juga, Ketua KPU Kabupaten Inhil Asmi berharap komunitas Emak-emak Sehat ini dapat menyebarkan secara masif informasi-informasi mengenai pemilu khusus sekarang ini terkait pelaksanaan pemilu yang akan datang.

 

"Mengenai hari dan tanggal pemilu tahunnya akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 dan Rabu tanggal 27 November tahun 2024. Sekali lagi kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ke depan masih banyak kegiatan yang akan kita lakukan," ujarnya. 

 

Kemudian ditempat yang sama Komisioner Bawaslu Kabupaten Inhil Andang Yudiantoro mengucapkan berterima kasih kepada Komunitas Emak-emak Sehat karena tidak hanya bergerak di bidang sosial tapi mereka juga melek dan kepo dengan politik.

 

"Artinya mereka juga ingin berdemokrasi dan sangat baik karena ini merupakan satu kemajuan sebab emansipasi wanita di tidak hanya ditinggali milenial. Namun di tingkat emak-emak Sehat ternyata sudah semakin baik. Nah ini tanda bahwa Komunitas Emak-emak Sehat Inhil yang dipelopori oleh Bu Yuli sudah semakin cerdas dan semakin maju," jelasnya. 

 

Komisioner Bawaslu Kabupaten Inhil Andang berharap dengan dialog ini Emak-emak Sehat menjadi perpanjangan lidah Bawaslu dalam rangka mengawasi pemilu agar berlangsung secara luber dan jurdil serta siap melaporkan dan memberikan informasi kepada Bawaslu kalau ada ditemukan pelanggaran-pelanggaran baik yang dilakukan oleh peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu termasuk juga pemilih.

 

"Untuk itu sangat diperlukan kecerdasan serta kewaspadaan agar kedepannya tidak lagi semerta-merta menerima janji dan uang. Begitu juga ASN harus netral. Maka dari itu sangat penting pengawalan dari ormas-ormas khususnya Emak-emak Sehat yang juga akan mengawal jangan sampai netralitas ASN dirusak oleh pemilu dan terlibat dalam politik praktis di pemilu 2024, itu harapan Bawaslu agar Emak-emak juga berperan untuk mengawasi pemilu pada pemilu lebih sehat dan lebih berjalan Uber dan jurdil," sambungnya.

 

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif sangat mengapresiasi program yang di taja oleh Emak-emak Sehat, sebab kegiatan ini sengat menarik dan bermanfaat untuk terus dilakukan agar menambah wawasan emak-emak.

 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil sangat mendukung dengan Program yang digagas Komunitas Emak-emak Sehat, karena tahun 2024 kita punya agenda besar yaitu bulan Februari dan November semua masyarakat Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Inhil akan ikut memeriahkan pesta demokrasi. Untuk itu, kita berharap penyelenggaraan pemilu ini berjalan lancar, aman dan terkendali serta menjaga keharmonisan untuk kedepannya," sebutnya. 

 

Disamping itu, Ketua Emak Sehat Yuliana Daud merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena semua nara sumbernya dapat hadir serta penjelasannya sangat mudah untuk dipahami.

 

dirinya mengaku dengan hadirnya ketua KPU dan para Komisioner serta perwakilan Kesbangpol Inhil banyak mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.

 

"Alhamdulillah saya sebagai ketua Komunitas Emak Sehat mengucapkan terima kasih banyak kepada ketua KPU dan Bawaslu serta Kesbangpol sudah datang ke sini untuk memberikan ilmu kepada kami Emak-emak dan kami siap untuk menjadi perpanjangan tangan dari KPU dan Bawaslu terkait penyelenggaraan pemilu akan dilaksanakan 14 Februari dan 27 November 2024," ucapnya. 






Tulis Komentar