Mahasiswa Kukerta Unri Menyelenggarakan Kegiatan PHBS di Desa Teluk Papal

KILASRIAU.com  - Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Teluk Papal Kecamatan Bantan, Bengkalis dibawah bimbingan Ibu Hafiz Fauzana mendukung kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan membuat Tong Sampah dan dibagikan ke tempat Pelayanan Masyarakat, Senin (16/08/2021).

Desa teluk papal mendapat Juara 2 dalam kegiatan PHBS se-Kecamatan Bantan. Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Teluk Papal.

Sebagai dukungan kegiatan PHBS di Desa Teluk Papal, Nur Islami seorang mahasiswi Jurusan PG PAUD Universitas Riau menyelenggarakan beberapa Kegiatan PHBS yaitu dengan membuat Tong sampah dari bekas  tong cat yang diberi label sampah Organik dan Anorganik. Tempat peletakan sampah terbuat dari hasil tangan sendiri berupa kayu yang dirangkai menjadi tempat sampah.

Tempat sampah yang telah dibuat diletakkan di Kantor Desa, Posko PPKM di 5 Dusun Teluk Papal, Masjid, dan Posyandu.

Selain membuat tempat tong sampah, Nur Islami juga membuat beberapa kegiatan selama melakukan Pengabdian kepada masyarakat bersama Tim Kukerta UNRI diantaranya yaitu mengutip sampah Anorganik disepanjang jalan di Desa Teluk papal, Gotong Royong di Masjid, Senam Sehat setiap Jum’at sore untuk lansia dan anak-anak di Posko Kukerta UNRI, dan langkah-langkah mencuci tangan untuk anak-anak.

“Kegiatan PHBS ini mendapat simpati dan antusias dari masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya tidak ada masalah yang kami hadapi” tutur Nur Islami.
Kepala Desa Teluk Papal Bapak Lakuning Ratno turut mendampingi Tim Kukerta UNRI, membantu mengutip sampah disepanjang jalan di Desa Teluk Papal.

Kegiatan Gotong Royong di masjid mendapat simpati dari masyarakat yang memberikan makanan dan minuman kepada Tim Kukerta Selepas bergotong Royong.

Masyarakat Desa Teluk papal khususnya lansia dan anak-anak sangat antusias datang ke posko Kukerta Unri untuk mengikuti Senam.

“Kami berharap dengan adanya penyelenggarakan PHBS yang dilakukan selama Kukerta ini, masyarakat menjadi terbiasa dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat karena Keluarga yang sehat berawal dari lingkungan yang bersih” tutur Harry Vatanen Pohan Sebagai Ketua Tim Kukerta UNRI dalam simbolis Pemasangan Spanduk sebagai dukungan penyelenggaraan PHBS di Desa Teluk Papal.

Penulis : Resi Riyani






Tulis Komentar