Pencegahan Covid-19, Tim Kukerta Unri membuat Handsanitizer dari Bahan

KILASRIAU.com  - Dalam rangka pencegahan Covid-19 Tim Kukerta Unri membuat Handsanitizer Alami yang dibagikan kepada masyarakat Desa Teluk Papal, Selasa (22/8/2021).

Maraknya wabah Covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat Pemerintah membuat Kebijakan dengan menerapkan Prokes (Protokol kesehatan). Prokes yang diajurkan oleh Pemerintah terdiri dari 3M, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker.

Mencuci tangan dengan air bersih sangat penting dilakukan agar tidak tertular wabah Covid-19, selain itu penggunaan Handsanitizer juga dapat membunuh kuman yang masih menempel ditangan. Peningkatan permintaan Handsanitizer di pasaran semakin meningkat dengan kondisi pasien covid-19 yang terus bertambah.

Sementara itu, harga Handsanitizer cukup mahal untuk dijangkau masyarakat di kalangan bawah. Sehingga Tim Kukerta Unri membuat Handsanitizer dari bahan alami.
Handsanitizer alami ini terbuat dari daun sirih dan jeruk nipis yang dibuat oleh Nur Ulfa Liani, Mahasiswi PG-PAUD Universitas Riau.

“Pemilihan bahan baku Daun Sirih sebagai bahan untuk membuat Handsanitizer dikarenakan Daun Sirih mengandung Zat Antiseptik dan dapat membunuh bakteri dan jamur serta memiliki daya Antioksidan selain itu, Daun Sirih juga mudah didapatkan terutama di Desa Teluk Papal” Ujar Ulfa dalam penyerahan Handsanitizer alami ke kantor Desa Teluk Papal

Pembagian Handsanitizer dibagaikan ke masyarakat Desa Teluk Papal yang sedang melintas dijalan, Sekolah dan Kantor Desa, yang dibantu oleh Perangkat Desa Teluk Papal bersamaan dengan pembagian Masker dan Brosur Vaksin.

“Kegiatan kolaborasi ini dilakukan untuk mengajak masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Teluk Papal” Ujar Harry sebagai Ketua Kukerta UNRI dalam pembagian Handsanitizer, Masker dan Brosur Vaksin di Dusun 3, Sidomulyo.

Penulis : Resi Riyani






Tulis Komentar