Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Adakan Sosialisasi Budikdamber Kepada Masyarakat

KILASRIAU.com - Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini belum juga usai, hal ini berdampak kepada masyarakat yang mana salah satunya menimbulkan krisis pangan. Pandemi ini menyebabkan banyak warga yang penghasilannya menurun dan kehilangan pekerjaan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau melaksanakan sosialisasi Budidaya Ikan di Dalam Ember (BUDIKDAMBER) kepada warga RT 14, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Kamis (12/08/2021)

Sebelumnya tanggal 10 Agustus 2021 yang lalu Mahasiswa Kukerta Integrasi Tangkerang Utara juga mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan pembuatan BUDIKDAMBER, Pelatihan ini diberikan kepada ibuk-ibuk PKK di RW 14, Tangkerang Utara.  BUDIKDAMBER ini nantinya dapat menjadi salah satu alternatif sumber pangan bagi masyarakat.

Dalam kegiatan ini salah seorang mahasiswa Muthia Elvia Avissa menjelaskan sendiri merupakan salah satu cara untuk membudidaya ikan dan menanam sayur dalam satu tempat  yang sama yaitu ember. Teknik ini menjadi solusi bertani dilahan sempit dan membutuhkan modal yang lebih irit.

"Budikdamber ini sangat cocok diterapkan oleh masyarakat  yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat dari Pandemi Covid-19. Ini juga dapat menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan dan pertanian di lahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat dan sebagai peluang usaha baru bagi warga RW 14,  Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Karena Budikdamber mempelajari bagaimana cara pembuatannya, cara perawatan ikan, cara penanaman kangkung, teknik pergantian air serta keuntungan budikdamber," jelasnya.

Sementara itu salah seorang peserta yang mengikuti pelatihan Eti mengapresiasi adanya sosialisasi budikdamber ini. "Kegiatan ini bermanfaat bagi kami. BUDIKDAMBER ini dapat dijadikan sebagai pengisi waktu luang saat stay at home selama pandemi juga dapat menjadi alternatif sumber pangan masyarakat” ujarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama antara mahasiswa KUKERTA Universitas Riau dan ibu-ibu Kelurahan Tangkerang Utara






Tulis Komentar