Pengabdian KKN Unri Ikut Serta Pembagian Masker Bersama Bupati Siak dan Kapolres Siak

KILASRIAU.com  - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat. Harus disadari bahwa kepedulian masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sangatlah penting untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Desa Perawang Barat ikut serta membagikan masker gratis kepada Pengurus Tempat Ibadah di Desa Perawang Barat bersama Bupati Kabupaten Siak, Kapolres Kabupaten Siak, dan Kepala Desa Perawang Barat, 16 Juli 2021.

Kegiatan ini setiap ibadah mendapat beberapa kotak masker untuk setiap masyarakat yang datang ketempat ibadah terlebih jika tidak membawa masker. Dimulai dari masjid, gereja dan musholla yang ada di Desa Perawang Barat.

”Untuk para jamaah kita wajibkan memakai masker yang telah dibagikan. Karena ini sangat penting untuk melindungi diri dan juga jamaah lainya dari penularan virus korona” jelas Bupati Siak, Drs.H.Alfedri, M.Si

”Apalagi di Tempat ibadah seperti ini yang banyak dihadiri jamaah, sudah pasti rentan terhadap penularan, untuk mengantisipasi mereka kita beri masker. Dan Alhamdulilah pihak pengurus tempat ibadah juga sudah mengatur jarak antar jamaah dengan menggaris warna hijau dan hitam” tambah Alfedri.

Sementara Kepala Desa Perawang Barat, Bapak Faizal S.Hi juga mengungkapkan bahwa pihak desa juga sudah melakukan hal yang sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

”Kami pihak pemerintah desa sudah melakukan berbagai tindakan pencegahan dari sosialisasi, membagi masker dan penyemprotan disenfiktan. Dan kami juga terima kasih atas kedatangan tim yang turut memberi perhatian kepada warga  kami” ujar Kepala Desa Perawang Barat.

Turut mendukung kegiatan tersebut Kapolres Kabupaten Siak, AKBP Gunar Rahardiyanto, SIK, MH dan anggotanya juga menyampaikan pihaknya sudah sering melakukan yustisi penegakan disiplin diwilayah kerjanya. Bahkan bagi pelanggar yang terjaring diberikan sangsi push up dan lain sebagainya sesuai perbup nomor 68 tahun 2020.

Mengingat tempat ibadah adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi masyarakat, dan berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19, Tim Kukerta Unri Desa Perawang Barat ikut serta membagikan masker kepada pengurus tempat-tempat ibadah agar mereka bisa membagikannya kepada masyarakat yang hendak beribadah.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi dan adaptasi New Normal untuk pencegahan penyebaran virus korona atau Covid-19 di Desa Perawang Barat. Pembagian masker berlansung dari pukul 14.00 WIB sampai semua pengurus tempat ibadah kebagian masker.

"Memakai masker di tempat ibadah juga penting untuk mencegah penyebaran virus corona," ujar Helga salah satu anggota KKN Universitas Riau Desa Perawang Barat.






Tulis Komentar