Tim Kukerta Universitas Riau Pulang Kampung Melaksanakan Sosialisasikan Stunting

KILASRIAU.com  - Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau yang berlokasi di Kelurahan Teluk Makmur mengadakan sosialisasi mengenai stunting di Posyandu Karta III Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Kamis (05/08/2021).

Seperti yang diketahui stunting merupakan suatu masalah gizi utama yang dihadapi Indonesia. Jika saat ini banyak anak Indonesia yang menderita stunting, dapat dipastikan bahwa bangsa ini tidak akan mampu bersaing dengan bangsa lain dalam menghadapi tantangan global.

Untuk mencegah hal ini, Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau yang berlokasi di Kelurahan Teluk Makmur mengadakan sosialisasi mengenai stunting. Namun, sebelum memulai sosialisasi, tim Kukerta Balek Kampung UNRI ikut membantu beberapa kegiatan posyandu, yaitu pengukuran berat badan, tinggi badan, diameter kepala dan yang lainnya.

Dalam proses sosialisasi itu juga ada beberapa materi yang disampaikan di antaranya, pengertian stunting, penyebab stunting, ciri-ciri anak yang mengalami stunting, dampak stunting, serta upaya pencegahan stunting. Yang mana juga dilakukan penyebaran brosur agar penjelasan yang disampaikan oleh pemateri bisa dimengerti dan dipahami dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Wakil ketua tim Kukerta Balek Kampung UNRI, Reza menyatakan bahwa program kerja berupa sosialisasi stunting ini ditujukan untuk memberikan edukasi pada masyarakat khususnya para ibu tentang pencegahan stunting sejak dini.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi jumlah balita stunting di Kelurahan Teluk Makmur sejalan dengan bertambahnya pengetahuan ibu-ibu mengenai stunting.”, ungkap Reza.

Diakhir pelaksanaan sosialisasi tim Kukerta Balek Kampung memberikan bingkisan nugget ikan tenggiri sebagai bentuk rasa peduli terhadap pemenuhan gizi pada anak. Nugget ikan tenggiri merupakan produk olahan dari sumber daya tempatan yang memiliki protein tinggi. 






Tulis Komentar