Gerakan Peduli Mata, Gasebu Tuntaskan Operasi Katarak

KILASRIAU.com  - Masih dalam rangka kegiatan Gerakan Peduli Mata yang di taja Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata PBEC Pekanbaru, kembali tuntaskan pelaksanaan operasi katarak sebanyak 17 pasien, Kamis (29/07/21)

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain melalui Abd Muin yang melakukan pendampingan pasien mengatakan pasien yang telah selesai operasinya kali ini merupakan pasien yang berasal dari kecamatan Tanah Merah hasil scraning gelombang ke 5 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2021 yang lalu.

"Alhamdulilah saat ini Gasebu Kembali menuntaskan program Peduli yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata PBEC Pekanbaru. Secara umum semua proses operasi berjalan baik dan hasilnya juga memuaskan. Kemudian In syaa Allah ada 60 pasien yang secara keseluruhannya nanti yang akan kita berangkatkan untuk mengikuti pengobatan mata," sebutnya.

Sementara itu Ardiansyah pemilik akun Facebook  Ardiansyah Arsun yang juga merupakan salah satu tokoh muda kecamatan Tanah Merah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Gasebu ini karena memang dalam waktu seminggu setelah pelaksanaan pemeriksaan pasien langsung diberangkatkan.

"Alhamdulillah saya juga berkesempatan untuk berangkat bersama pasien dalam rombongan, semua berjalan tertib aman dan lancar dimana sebelum pemberangkatan semua pasien diberikan edukasi terkait kegiatan ini oleh inisiator Gasebu Nahrawi bertempat di Rumah Singgah Dinsos Tembilahan. Dan selama dirumah sakitpun semua pasien mendapatkan pelayanan yang sangat baik, apakah itu dari komunitas gasebu dan juga dari pihak rumah sakit PBEC," ucapnya.

Lebih lanjut Ardiansyah menuturkan terkait hasil operasi cukup memuaskan, salah satu contoh pasien yang di bawa atas nama Abdullah pada saat sebelum dioperasi kondisinya betul betul tidak bisa melihat sehingga harus dibimbing oleh pendampingnya. Dan Alhamdulillah setelah dioperasi kondisinya kini sudah bisa melihat dan bisa berjalan sendiri tanpa harus lagi dipimpin.

"Saya mewakili segenap pasien mengucapkan terima kasih kepada Gasebu dan pihak rumah sakit PBEC dengan adanya kegiatan ini karena sangat membantu masyarakat semoga kegiatan ini terus berlanjut dan juga kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan mulai sejak pelaksanaan scraning kemarin sampai selesainya proses operasi ini semoga menjadi amal jariyah," imbuhnya.

Tidak ketinggalan Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan tahap 22 ini merupakan tindaklanjut dari pemeriksaan Gelombang ke 5 di Kecamatan Tanah Merah dan hari ini proses operasi sudah selesai untuk 17 pasien sehingga sampai saat tahap ini sudah berangkatkan sebanyak 373 pasien untuk menjalani operasi.

"Hari ini juga kembali diberangkatkan pasien untuk tahap 23 sebanyak 21 pasien yang berasal dari Kecamatan Tempuling.  Dan untuk informasi awal In syaa Allah pada awal bulan agustus nanti kembali direncanakan pelaksanaan pemeriksaan mata katarak gratis Gelombang Ke 6 yang direncanakan di Kecamatan Tembilahan Hulu dan Kecamatan GAS untuk komunikasi dengan pihak kecamatan sudah dilakukan oleh pengurus gasebu," kata Nahrawi. (Sr)






Tulis Komentar