Desa Terusan Beringin Jaya Laksana Musyawarah Penyusunan Dokumen Perencanaan Ekonomi Desa Tahun 2020

KILASRIAU.com - Desa Terusan Beringin Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Inhil melaksanakan musyawarah penyusunan dokumen perencanaan ekonomi desa tahun 2020 di Balai Kantor Desa Terusan Beringin Jaya, Selasa (22/12/20).

Kegiatan musyawarah ini dilakukan agar masyarakat yang dibantu aparat desa mampu menyusun program progam untuk memajukan perekonomi desa yang mana nantinya dilaporkan ke desa.

"Jadi penyusunan dukumen perencanaan desa tahun 2020 ini dari dana Bankeu provinsi, artinya kita harus benar benar memanfaatkan kesempatan ini agar bisa kita gunakan untuk meningkatkan pendapatan desa," terang Kades Hasbulah melalui M Dedi Sekdes Beringin Jaya.

Lebih lanjut, Dedi menyebutkan dalam musyawarah ini juga  mencari dan meneliti hasil pertanian yang bisa menjadi prudok unggulan yang nantinya akan di produksi oleh masyarakar kemudian dipasarkan ke luar desa sampai kekabupaten luar.

"Salah satu contoh yaitu pembuatan sagu rendang, ini merupakan suatu hal yang sangat bagus untuk di kembangkan. Adalagi yang lain misalnya Mencari pasaran tanaman lengkuas, pemanfaatan tanaman disela sela pokok kelapa dan lainnya," ujarnya.

"Maka dari itu, saya mengajak seluruh masyarakat desa Beringin Jaya untuk sama sama mengembangkan hasil pertanian desa kita kemudian kita ekspor hingga ke kota lain," tambahnya.

Dalam pelaksanaan itu juga dihadiri pendamping P3MD kepala desa dan Stap pengurus Bumdes beringin jaya Bhabinkamtibmas dan masyarakat (Sr)






Tulis Komentar