Rumah Perempuan Tua Ludes Dilalap Si Jago Merah

KilasRiau.com, Teluk Kuantan
Sekira pukul 09:00WIB, pada Sabtu (17/04/2021), rumah milik Saurai alias Salowar (82), perempuan tua berusia hampir se abad ini, di RT 01 / RW 01 Dusun Barat Desa Siberakun Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau ludes terbakar api.

Demikian hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan saat di konfirmasi KilasRiau.com pada Sabtu (17/04/2021) siang di Benai.

Dari keterangan Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan mengatakan bahwa korban atas nama Saurai alias Salowar yang sudah berusia hampir se abad itu tinggal bersama-sama dengan cucunya bernama Uwendi (41) dan istrinya Yeni Marlina (40) di rumah milik korban tersebut.

Dimana kejadian kebakaran rumah warga ini berawal sekira pukul 09.00 WIB, ketika itu sang cucu korban, Uwendi dan istrinya sedang memasak di dapur. "Uwendi mendengar ada suara percikan api di bagian depan rumah, kemudian Uwendi langsung pergi ke ruang depan dan melihat loteng atas yang terbuat dari triplek dekat pintu depan sudah terbakar," kata Kapolsek Benai.

Melihat api sudah membesar, sambung Kapolsek, dan sudah menjalar kesebagian rumah yang didiaminya bersama sang nenek, Uwendi berusaha menyelamatkan neneknya dengan cara digendong keluar rumah tersebut.

"Uwendi langsung menyelamatkan neneknya yang bernama Saurai yang sudah pikun keluar dari rumah, selanjutnya barulah Uwendi bersama sama masyarakat berusaha untuk menyelamatkan barang barang yang bisa di selamatkan dan saat itu api sudah semakin membesar dan tidak bisa di padamkan lagi," terang Iptu Donal Jonson Tambunan.

Api yang menjilati rumah milik nenek Saurai hingga rata dengan tanah itu baru mulai mengecil dan padam setelah api membakar seluruh barang dan rumah bagian atap dan loteng, ujar Iptu Donal.

"Api baru mulai mengecil dan padam saat kondisi cuaca sedang hujan lebat sekira pukul 09.30 WIB, dan sekira pukul 10.00 WIB datang 2 (Dua) unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi kebakaran rumah untuk melakukan pemadaman," terang Iptu Donal.

Rumah yang mengalami kebakaran ini merupakan bangunan permanen sudah lama yang dibangun pada tahun 1987 silam, kata Iptu Donal, kondisi rumah bagian atas sudah kering dan mulai lapuk sehingga api yang membakar dengan mudah menjalar dan melahap bangunan usang tersebut.

Kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran yang terjadi, berdasarkan keterangan korban dan saksi, kerugian yang dialami kurang lebih sebesar Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah).

"Penyebab terjadinya kebakaran diduga murni dari korsleting listrik di bagian depan rumah," terang Iptu Donal.

Saat ini kondisi korban kebakaran rumah atas nama Saurai alias Salowar dalam keadaan sehat wal afiat tinggal bersama anak adiknya yang bernama Gadi di RT 09 / RW 05 Dusun Timur Desa Siberakun Kecamatan Benai.

Sedangkan cucunya, Uwendi dan istrinya Yeni Marlina menumpang dirumah pamannya yang bernama Armizas di Dusun Tengah Desa Siberakun Kecamatan Benai, tutup Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan.***(ald)






Tulis Komentar