Pengukuhan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari, Pebri: Jangan Alergi Dengan Lembaga Adat Melayu Riau.

Teluk Kuantan, KilasRiau.com
Penghulu Nan Barompek Kenegerian Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, resmi menobatkan Muhammad Fauzi sebagai Datuk Bandaro Lelo Budi serta di kukuhkannya Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Periode 2021-2026 pada Ahad (11/4/2021) siang di tepian Danau Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Adapun Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari 2021-2026, 
Ketua Darwis Datuk Malin Mudo, 
Sekretaris Nerdi Wantomes S.H, 
Bendahara Yulizar, 
Anggota Mega Putra dan H Gusnadi.

"Kami Penghulu Nan Barompek percaya bahwa saudara-saudara akan bekerja sesuai dengan adat istiadat yang bersendikan syarak dan berpayungkan perundang-undangan yang berlaku." 
Tertanda Penguluh Melayu Syafrilis Dt Rajo Penguluh, 
Penguluh Poliang Umar Husin Dt Mangkuto Simarajo, 
Penguluh Caniago Rusman Abas Dt Penguluh Rajo, 
Penguluh Petopang H Maryulis Qadi Dt Reno.

Dalam acara tersebut, Datuk Seri Pebri Mahmud menyampaikan kepada datuk-datuk bahwa "Jangan alergi dengan Lembaga Adat Melayu Riau.
Lembaga Adat Melayu Riau itu adalah lembaga adat yang menjadi konsensus bersama masyarakat Riau yang ada di Provinsi Riau." ucap Datuk Seri Pebri Mahmud menerangkan.

Sementara itu, Darwis Datuk Malin Mudo saat dikonfirmasi media KilasRiau.com, mengatakan, bahwa tujuan digelarnya acara pengukuhan pengurus Lembaga Musyawarah Adat dan penobatan Datuk Bandaro Lelo Budi ini adalah untuk melengkapi perangkat adat di negeri Kari, yang dari dulu disebut-sebut sebagai orang besar di Negeri. "Acara ini digelar untuk memperdayakan adat memberi pembelajaran adat kepada anak cucu kemenakan" ujar Datuk Malin Mudo menerangkan.

Selain itu, acara ini dilaksanakan guna untuk menjalin silaturrahim masyarakat kenegerian kari untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Dengan adanya momen ini, masyarakat bisa berkumpul bersama dan mematuhi protokol kesehatan.

Datuk Malin Mudo berharap "kedepannya adat istiadat itu betul-betul bisa dipahami oleh anak cucu kemenakan kita nantinya." tutur Datuk Malin Mudo penuh harap

Disambung Nerdi Wantomes, S.H, selaku Sekretaris Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari 2021-2026, dikatakan Nerdi, "ingin menyatukan warga masyarakat kenegerian kari khususnya. Menyatukan dalam satu ikatan, yaitu dibawah naungan Datuk Bandaro Lelo Budi." ungkap Sekretaris Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari menegaskan***(ald)






Tulis Komentar