Baru 3 Bulan Laksanakan Operasi Katarak, Gasebu Sudah Berangkatkan 187 Pasien

KILASRIAU.com - Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) bersama Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) dan Rumah Sakit Mata PBEC Pekanbaru, Minggu (11/04/2021) selesaikan proses operasi katarak untuk tahap 10 Gelombang ke 2.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain melalui Misliyati Korcam Gasebu Enok yang mengkoordinir proses pemberangkatan mengatakan bahwa pemberangkatan tahap ke 10 ini rata rata peserta yang baru saja menyelesaikan kepengurusan BPJS nya baik yang premi maupun yang baru melakukan pengurusan baik dari Kecamatan Enok maupun Kecamatan Keritang.

"Jadi jumlah pasien yang diberangkatkan sebanyak 12 orang, pendamping dari keluarga pasien 4 orang dan dari komunitas 2 orang. Dan yang menjalani operasi masing - masing 10 operasi katarak, 2 lemak mata dengan mempergunakan 3 kendaraan mobil," terang H Jalaluddin

Kemudian Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan bahwa hari ini merupakan pemberangkatan untuk tahap ke 10 dengan total pasien yang sudah diberangkatkan sebanyak 187 pasien dengan beberapa tahapan diantaranya tahap 1. 23 pasien, tahap 2. 13 pasien, tahap 3. 21 pasien, tahap 4. 22 pasien, tahap 5. 20 pasien, tahap 6. 21 pasien, tahap 7. 23 pasien, tahap 8. 20 pasien, tahap 9. 12 pasien, tahap 10. 12 pasien. 340 pasien yang  direkomendasi untuk di operasi ada dari Reteh 46 pasien, Enok 171 pasien, Keritang 171pasien, GAS 58 pasien, dan Kempas 54 pasien jadi masih ada sekitar 153 pasien yang akan diberangkatkan.

"Dari sekian banyaknya pasien tersebut ada beberapa yang tertundanya pemberangkatan, karena memang lebih kepada permasalahan BPJS yang dimiliki calon peserta seperti premi dan belum memiliki BPJS. Dan pengurus Gasebu tetap akan berkomitmen untuk memberangkatkan pasien yang belum diberangkatkan kapanpun mereka siap untuk berangkat. Selama bulan suci ramadhan ini pun jika ada pasien yang ingin berangkat akan kita berangkatkan," jelasnya.

Terakhir Inisiator Gasebu berharap apa yang sudah dilakukan pengurus gasebu serta KPS dan penggiat sosial yang ada di Inhil dalam program gerakan peduli mata ini bermanfaat bagi masyarakat. Dan sebagai inisiator gasebu sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah untuk kiranya dapat membantu pengurus gasebu dalam proses pemberangkatan pasien minimal untuk biaya operasional bagi pengurus gasebu yang mendampingi pasien untuk menjalani operasi.

"Semoga ini akan menjadikan amal ibadah kita semua dan tentunya mendapatkan ridho  dari Allah SWT," imbuhnya.(Sr)

ANDA DIA dan SAYA adalah KITA dalam SEMANGAT KEBERSAMAAN






Tulis Komentar