Baznas Inhil Luncurkan Bazmart (Toko Z) Grosir & Eceran Pendayagunaan Zakat Untuk Mustahik

KILASRIAU.com - Dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Inhil menyelenggarakan peresmian Bazmart (Toko Z) Grosir & Eceran Pendayagunaan Zakat untuk Mustahik, jalan Sungai beringin, Tembilahan, Sabtu (10/04).

Dalam kegiatan tersebut tidak hanya meresmikan Bazmart melainkan ada beberapa seperti pemberian kapal kepada nelayan, alat kerajinan, penyerahan paket ramadhan, gerobak mini dan yang lainnya.

Kepala Baznas Kabupaten HM Yunus Bazna mengatakan bahwa pada hari ini sangat bersyukur kepada Allah SWT karena do'a yang di panjatkan sudah terkabulkan.

"Apa yang sudah kami amal kan baik itu tugas pokok dan fungsi baznas yang tertera dalam undang undang nomor 23 tahun 2011 ini. Tahun 2020 juga telah menjalankan lima program yaitu peduli kesejahteraan, pendidikan, sosial, kesehatan, dan dakwah. Dan hari ini yang kita laksnakan merupakan bentuk kesejahteraan," jelas Yunus

Dikesempatan itu juga Yunus mengucapkan terima kasih banyak kepada Baznas Republik Indonesia datang di Indragiri Hilir atas keinginannya untukvmembantu warga masyarakat Indragiri Hilir melalui program yang disinergikan dengan pemerintah daerah melalui Baznas kabupaten Inhil.

"Maka dari saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berbelanja di Bazmart (Toko Z). Karena belanja di Bazmart ini salah satu bersedekah dan juga membantu musahik. artinya disamping kita belanja kita membantu masyarakat yang musahik," imbuhnya.

Selain itu DR Yahanan Kepala Baznas Provinsi Riau mengatakan kabupaten Inhil sangat banyak potensi. Karena Gubernur memberikan bantuan dalam pengelolaan Baznas yang ada di Inhil ini adalah terbesar dari kabupaten lain yang ada di Riau.

"Kenapa tidak gubernur Riau membantu sebanyak 2 milyar. Bazmart ini merupakan yang pertama namun di kabupaten lain juga sudah ada seperti kabupaten Kampar dan Palelawan," kata DR Yahanan.

Dikesempatan itu juga Bupati Inhil HM Wardan mengatakan bahwa kegiatan Grand Opening toko Z merupakan bantuan untuk para mustahik dengan mengumpulkan zakat infak sedekah dari pada Muzakki. Dan juga telah dilaporkan akan mencapai 4 milyar.

"Ini merupakan suatu potensi ekonomi umat yang luar biasa apabila dikelola secara maksimal. Maka dari itu  sudah ada upaya untuk semaksimal mungkin untuk menghimpun zakat ini dan Alhamdulillah dapat disalurkan baik untuk konsumtif maupun untuk yang produktif yang sangat produktif," ucap Wardan.

Lebih lanjut Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan bahwa di ASN di kabupaten Inhil ini saat menerima gaji itu langsung dilakukan pemangkasan untuk mengeluarkan zakat. tujuan nya ialah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan melalui Baznas.

"Pemangkasan ini tidak semerta merta dilakukan, melaikan untuk membantu masyarakat serta mensucikan pendapatan kita melalui pengeluaran zakat," terang Wardan 

Selanjutnya Kepala Baznas RI Noor Ahmad mengatakan senang dan bangga karena Baznas kabupaten Inhil ini mampu membantu masyarakat serta memberikan suatu inovasi. Kemudian bisa mensejahterahkan umat
dengan kesadaran untuk mengeluarkan zakat.

"Kami sangat mengapresiasi atas inovasi yang telah dilakukan. Dan Kami sendiri dan kami juga sudah berkoordinasi kepafa presefen agar membuat perbu untuk tni polri ans bumn untuk mengeluarkan zakat. Kita berharap dengan adanya ini bisa menjadi pendamping serta bisa menjadi penyangga pemerintah dalam rangka untuk peningkatan dan sekaligus untuk menuntaskan kemiskinan," tutupnya. (Sr)






Tulis Komentar