Gasebu Tuntaskan Pemeriksaan Mata Katarak Gratis Gelombang ke 3 Tahap 2 di Kecamatan Kempas

KILASRIAU.com - Masih dalam rangka program gerakan peduli mata yang ditaja Gerakan sosial sepuluh ribu (GASEBU) bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) Pekanbaru dan Rumah Sakit PBEC Pekanbaru, melaksanakan pemeriksaan mata katarak gratis Gelombang ke 3 tahap 2 yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Danai Pulai Indah (DPI) Kecamatan Kempas, Kamis (08/04).

Sebelumnya pelaksanaan pemeriksaan mata katarak gratis dari gelombang pertama sampai sekarang sudah dilaksanakan di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS).

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain melalui Abd.Muin mengatakan bahwa pemeriksaan hari ini merupakan kelanjutan dari pemeriksaan yang sehari sebelumnya yang dilaksanakan di Kecamatan GAS.

"Jadi untuk Gelombang ke 3 ini kita laksanakan di 2 kecamatan yakni Kecamatan GAS dan Kempas. Kegiatan ini kita ambil titik pelaksanaannya di Kecamatan Kempas. Dari data peserta selain warga dari Kecamatan Kempas, kegiatan ini juga di ikuti oleh masyarakat dari kecamatan Reteh, Enok, Keritang dan Sungai Batang dengan Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 170 orang dan yang direkomendasi untuk dioperasi sebanyak 54 orang," ujarnya.

Dikesempatan itu juga Camat Kempas M. Yusuf dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kecamatan Kempas mengucapkan terima kasih kepada Gasebu, KPS dan Rumkit Mata PBEC Pekanbaru yang telah melaksanakan kegiatan ini.

"Mata sebagai panca indra yang vital bagi kita perlu di jaga dengan baik. Dan kegiatan hari ini merupakan bagian dari kepedulian kita semua terhadap mata, Dengan pemeriksaan ini tentunya akan sangat membantu masyarakat untuk mengetahui gangguan mata yang dialami sehingga nanti akan diketahui tindakan apa yang perlu lakukan untuk kebaikan mata bapak ibu sekalian. Kemudian jika nantinya yang akan dioperasi semoga operasinya berjalan lancar dan hasilnya juga memuaskan," terang Camat Kempas.

Selain itu, Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahap akhir pemeriksaan mata katakan gratis Gelombang ke 3. Dari data yang masuk jumlah pasien yang mengikuti pemeriksaan sebanyak 340 peserta dengan jumlah pasien yang akan direkomendasi untuk dioperasi sebanyak 112 pasien.

"Oleh karena itu, untuk proses pemberangkatannya dijadwalkan setelah bulan suci ramadhan, jadi masih cukup waktu bagi pasien untuk menyelesaikan BPJSnya. Tapi jika ada yang ingin berangkat dalam bulan suci ramadhan tetap juga akan coba diakomodir," jelasnya.

Lebih lanjut Inisiator Gasebu Nahrawi mengucapkan apresiasi untuk jajaran pengurus Gasebu yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan tetap bersinergi dengan KPS dan Rumkit BPEC Pekanbaru. Dan tidak lupa juga kepada Camat Kempas, Kepala Desa Danau Pulai Indah yang telah menfasilitasi tempat beserta staf yang telah membantu mempersiapkan segala sesuatunya. serta kepada Komunitas penggiat sosial yang ada dikecamatan Kempas  dan semua pihak yang telah berkontribusi.

"Semoga apa yang kita lakukan saat ini dengan membatu masyarakat yang membutuhkan ini menjadi amal jariyah serta di ridhoi Allah SWT," tutupnya. (Sr)

ANDA DIA dan SAYA Adalah KITA dalam SEMANGAT KEBERSAMAAN






Tulis Komentar