SSR YAPHI SR PKBI Riau Laksanakan Pelatihan Kader Tuberkulosis

KILASRIAU.com - Bertempat di Aula Dinas Kesehatan kabupaten Inhil SSR Yayasan Puri Harapan Indragiri (YAPHI) SR PKBI Riau melaksanakan pelatihan Kader Tuberkulosis (TB), Rabu (07/04).

Yang mana sebelumnya kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 6-8 April 2021, namun karena ada sedikit kendala maka di undur pada tanggal 6-7 April 2021.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Afrizal Darmawan yang juga membuka secara langsung acara tersebut mengatakan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini.

"Karena kader TB ini adalah ujung tombak di dalam penanggulangan TB di masyarakat, maka dari itu saya berharap kepada semua peserta agar benar benar mengikuti acara ini dan dapat mengimplementasikan ke  masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, Bobby Setiawan Koordinator Program SSR YAPHI kabupaten Indragiri Hilir mengatakan bahwa pengunduran jadwal tersebut di karena menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan dari kader kader yang diluar daerah.

"Jadi peserta yang mengikuti pelatihan TB ini kurang lebih ada 30 peserta yang terdiri dari perwakilan kader kader kesehatan dan PKK kecamatan sekabupaten Inhil," ucapnya.

Lebih lanjut, Bobby menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kader TB ini diharapkan dapat terbentuk kader TB di setiap kecamatan yang nantinya akan membantu kerja pemerintah daerah melalui koordinasi dengan Puskesmas setempat. 

"Maka dari itu, agar peningkatan pencapaian temuan kasus positif dapat meningkat. Dan kader dapat mengedukasi masyarakat tentang informasi TB, agar tidak terjadi stigma dan diskriminasi tentang informasi TB ini, serta melakukan investigasi kontak untuk kontak erat dan lingkungannya" tutupnya. (Sr)

#TOSS TB (Temukan obati sampai sembuh)
#Menuju eliminasi TB 2023






Tulis Komentar