Nikmati Indahnya Air Terjun Tembulun Menderes di Negeri Seribu Parit

KILASRIAU.com - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau dengan nama Kota Tembilahan sebagai pusat pemerintahan. Daerah yang memiliki banyak rawa dan parit - parit di anatara banyaknya perkebunan kelapa milik masyarakat membuat daerah ini mendapatkan julukan sebagai Negeri Seribu Parit.

Kota Tembilahan sendiri memiliki daerah tetangga seperti di Timur berbats dengan provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Utara berbatasan denga kabupaten Pelalawan, di Barat berbatasan dengan kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dan wilayah Selatannya berbatsan dengan Tanung Jabung Barat Provinsi Jambi.

Meski jarang terekspos, Wisata di Indragiri Hilir tak kalah dalam menyidiakan Destinasi Objek wsiata yang dapat membuat jantung bedecak kagum serta memanjakan sorotan mata buat terkesima memandangnya yang tentunya patut untuk diperhitungkan sebagai sarana tujuan untuk mengisi waktu libur.

Dari berbagai tempat Destinasi Wisata di Kabupaten Indragiri Hilir, cukup asing terdengar di telinga masayarakat, Khususnya masayarakat Provinsi Riau. Nama destinasi wisata tersebut ialah Air Terjun Tembulun Menderas. Namun fakta yang mengejutkan, Air Terjun Tembulun Menderes dapat membuat kita terpukau melihat keindahan aliran air yang mencurha dari tebing - tebingnya.

Air Terjun Tembulun Menderes terletak di Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Air Terjun Tembulun Menderes merupakan anak air dari alairan Sungai Bebaiyan yang berda di Desa Batu Ampar tersebut. Adapun jarak yang ditempuh sekiatar lebih kurang 40 menit dengan mengunakan sepeda motor dan 1 jam 30 menit jika berjalan kaki dari Desa Batu Ampar Menuju Lokasi.

Kadis Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Junaidy, S.Sos., M.Si. Menjelaskan "Mungkin waktu tempuh tersebut bisa lebih untuk pemulayang belum biasa masuk daerah - daerah hutan seperti keberadaan lokasi Air Terjun Tembulun Menderes. Ungkapnya. 20/02/21.

Ketinggian Air Terjun Tembulun Menderes tersebut untuk tingkat pertama mencapai 27 meter, Tingkat kedua 10 meter, Tinkat ketiga 17 meter dengan total ketianggian secara keseluruahan mencapai di angka 54 meter.

"Menurut informasi yang di dapat sebetulnya air terjun tembulun menderes ini meiliki 4 tingkat, namun satu tingkatnya ada dinding tebing yang longsor sehingga hanya tersisa 3 tingkat saja"

Kadis Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Junaidy, S.Sos., M.Si.  mengharapkan dengan adanya kemudahan aksesibilitas dan tersedianya amenitas di sekitar lokasi Air Terjun Tembulun Menderes tersebut, Makan akan meningkatkan kunjungan para wisatawan ke kabupaten Indargiri Hilir.

"Semoga saja pada tahun ini dapat terlaksana kegiatan pariwisata di kabupaten Indargiri Hilir melalui program CHSE," tutup Junaidy Ismali. (*)






Tulis Komentar