Keindahan Pasir Pantai Solop Hasil Fosil Biota Laut

KILASRIAU.com - Jika kita berbicara tentang keindahan pantai di negeri ini salah satunya yang berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, maka wisatawan semua pasti sudah ada yang mengetahui dan ada juga yang belum mengetahui bagai mana keindahan pantai Solop tersebut.

Pantai Solop ini berlokasi di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

Pantai ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di dunia. Dimana pasir putih yang sering dikenal dengan nama Pasir Sersah terhampar di sepanjang bibir pantai.

Alasan mengapa pantai ini dikenal dengan nama Pasir Sersah, sejarahnya adalah pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai ini pasir dari fosil hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya.

Sebagaimana diketahui, fosil yang dimaksud tertimbun secara alami. Secara umum, biota laut dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu plankton, nekton dan Bentos pembagain ini tidak ada kaitannya dengan klasifikasi ilmiah, ukuran, hewan atau tumbuhan tetapi berdasarkan pada kebiasaan hidup secara umum, seperti gerak berjalan, pola hidup dan sebaran menurut ekologi.

Pasir ini terbentuk melalui proses kejadian alam yang panjang dan terjadi akibat hempasan gelombang pasang surut. Hal ini menyebabkan pasir sirsak ini terdampar disepanjang kaki pantai.

Pantai ini juga memiliki air yang berwarna keruh, kecoklatan. Untuk Anda yang berkunjung kesini jangan takut dengan warna air ini, warna air ini bukan karena pencemaran limbah atau tidak terawatnya daerah tersebut, warna air ini memang berasal dari laut, karna pengaruh dari pantainya yang membuat air ini berwarna kecoklatan.

Selain menikmati keindahan pasir putih, anda juga dapat menikmati keindahan hutan Mangrove sepanjang mata memandang. Keberadaan hutan mangrove yang mengelilingi Pantai Solop merupakan hutan bakau terindah di Indonesia.

Keindahan Pantai ini bertambah karena terdapatnya pulau-pulau kecil di seberang pantai. Pada sore hari Anda dapat menyaksikan keindahan terbenamnya matahari (sunset).

"Kita dari sektor pariwisata, Pantai Solop masuk dalam satu konsep Ekowisata kawasan pesisir yang dikembangkan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Junaidy S.Sos M.Si kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Yang pasti, Pantai Solop adalah destinasi wisata pesisir yang dimiliki daerah Kabupaten Inhil. Selain masyarakat Inhil, Ekowisata ini juga dapat dinikmati wisatawan luar daerah, bahkan luar daerah Provinsi Riau.

Untuk dapat sampai di Pantai Solop dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi sungai maupun laut. Karena Pantai Solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan.

Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah sekitar 20 sampai 40 menit. Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu. Perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam. (Adv)






Tulis Komentar