Bupati Inhil Sambangi Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia

KILASRIAU.com - Bupati Inhil HM wardan  yang didampingi istri Hj Zulaikhah Wardan datang berkekunjung ke Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia, di Jalan SKB Tembilahan, Kabupaten Inhil, Rabu (10/03).

Kedatangan Bupati Inhil bersama istri disambut hangat oleh para pengurus serta para nenek-nenek yang ada di Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia.

Dikesempatan itu juga Bupati Inhil dan istri bercengkrama kepada para penghuni Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia, serta memberikan bantuan untuk kebutuhannya.

"Mereka semuanya adalah orang tua kita, dan sudah sepantasnya kita memberikan bantuan dan tempat yang layak supaya mereka bisa menikmati masa tuanya," ujar Bupati Inhil dengan mata berkaca-kaca saat di wawancara awak media.

Selain itu Bupati Inhil  menyebut bahwa Lansia yang berada di Panti ini akan mendapatkan Zakat karena termasuk dalam kategori Mustahik. Kemudian setiap bulannya para Lansia akan bendapatkan zakat dari Baznas inhil sebesar 420 ribu rupiah. Selain para lansia, Para pengasuh Lansia juga akan mendapatkan zakat sebesar 720 ribu rupiah perbulannya.

"Setelah di Hitung, para penghuni yayasan ini akan mendapatkan bantuan berupa uang saku dari BAZnas Inhil. Karena sudah mendapatkan bantuan berupa zakat melalui Baznas Inhil diharapkan para lansia diperhatikan sebaik-baiknya, dirawat dan menyediakan jadwal menu makanan nya. dengan memberikan makanan yang bergizi. Jadi rawatlah mereka seperti orang tua kita sendiri," imbuhnya.

Terakhir Bupati Inhil Berharap dengan adanya zakat ini dapat membantu dan meringankan beban mereka yang selama ini terlantar atau yang tidak memiliki sanak saudara. Dan tidak lupa juga berdo'a  semoga Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia ini dapat mengelola dengan baik karena ini akan di pertanggungjawaban dimasa mendatang.

"Maka dari itu kelola sebagaimana mestinya agar kedepannya tidak menimbulkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Mari kita berdo'a bersama semoga kedepannya Yayasan ini semakin berkembang dengan pengelolaan yang baik karena masih banyak orang tua kita diluaran sana yang masih membutuhkan bantuan serta uluran tangan kita," pesannya.

Terakhir Bupati juga mengimbau para muzakki agar dapat kiranya menyalurkan infaq ataupun bersedekah kepada orang tua yang ada di yayasan ini melalui BAZnas Inhil.

"Jangan ragu dan bimbang, bersihkan lah harta kita melalui infaq dan bersedekah di BAZnah Inhil. Karena di BAZnas akan di audit oleh tiga akuntan publik, syariah dan pjsk. Jadi berapapun jumlah yang diberikan harus tercatat sebab BAZnas adalah lembaga resmi dan juga merupakan tanggung jawabnya dalam mengatur serta mengelolanya," terangnya.

Sementara, Kepala BAZnas Inhil H. Yunus Hasbi yang pada saat itu tampak hadir mendapingi Bupati menyebut bahwa saat ini telah menetapkan 1 buah kegiatan program peduli duafa menuju kesejahteraan. Dimana kali ini sasaran programnya adalah asnaf faqir yang terkumul di Panto Lansia ini.

"Sesuai yang jelaskan bapak bupati tadi bahwa jumlah bantuan dalam program ini tidak terbatas karena akan terus berkelanjutan. Namun, nanti BAZnas Inhil bersama Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia pada pertemuan selanjutnya akan membuatkan kriteria, yang mana tujuanya agar mengetahui siapa saja yang masuk Asnaf Fakir, Jompo sesuai dengan peraturan yang ada. Yang masuk dalam kriteria itulah yang boleh masuk dan berada di sini karena itu juga sudah diatur dalam Perbanas no 3 tahun 2018," terangnya.

Kemudian, Kepala BAZnas Inhil H. Yunus Hasbi menambahkan bahwa pada saat rapat bersama Muslimat Nahdatul Ulama (NU) akan membentuk sebuah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di panti ini agar donasi yang masuk lebib terukur.

"Jadi dengan dibentuknya UPZ ini donasi yang masuk dapat terukur karena tidak boleh berlebihan. Maka dari itu bantuan yang masuk ke Baznas yang nantinya tetap akan disalurkan ke yayasan ini dengan catatan terukur," jelasnya.

Sementara, Ketua Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia, Yuliana Daud mengucapkan terima kasih atas kepercayan yang telah diberikan kepada Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia untuk merawat para Lansia yang selama ini tidak terperhatikan.

"Selain itu ucapan terima kasih juga untuk bantuan yang diberikan kepada para lansia dan pemgasuh lansia di Panti ini," tutupny (Sr)






Tulis Komentar