Air Terjun 86 Inhil, Destinasi yang Rekomendasi Dikunjungi Bagi Wisatawan Pecinta Alam

KILASRIAU.com - Bagi anda para penggemar wisata air terjun yang masih asri, 'air terjun 86' ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Indragiri Hilir (Inhil) Riau.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir (Disparporabud), Junaidy, S.Sos., M.Si mengungkapkan alasan pemberian nama 'Air Terjun 86' ini pun tergolong unik. Sebab, air terjun yang memiliki ketinggian 30,86 meter itu berada di Kilometer 86, Jalan Raya Lintas Timur Sumatera, tepatnya masuk wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Inhil.

Untuk mencapai wisata air terjun tersebut, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Desa Selensen, Kecamatan Kemuning dengan menempuh jalur cukup ekstrim berupa jalan tanah yang hanya dapat dilalui dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat sejenis jeep.

Tidak hanya itu, untuk menuju kelokasi air, pengunjung juga harus menuruni anak tangga yang cukup curam namun perjuangan tersebut akan terbalas ketika mulai memasuki kawasan Air Terjun 86 tersebut.

Di sana, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang masih asri, belum lagi berjejernya bangunan rumah-rumah penduduk yang masih bergaya rumah adat Melayu yang dikenal dengan sebutan Pesanggarahan.

Sesampai di lokasi, pengunjung akan bebas mandi dan berenang di waduk air, karena cukup dangkal dan jernih. Lokasi yang landai juga membuat kawasan tersebut cocok untuk camping dan arena outbound.

Karena lokasi ini berada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, sehingga membuat suasana sekitar air terjun ini kaya akan pesona flora dan fauna yang berlimpah.

Jika beruntung, kita akan dapat bertemu dengan burung Kuau atau nama latinnya Argusianus Argus yang cukup langka. Apalagi pesona burung berbulu lentik itu saat menguakkan bulunya, tentu menjadi suatu pemandangan tersendiri.

Maka dari itu bagi para pecinta alam ataupun anda yang sedang mencari tempat wisata bersama sanak keluarga  Air Terjun 86' lah solusinya.






Tulis Komentar