Kedatangan Vaksin Covid 19, Ini Penjelasan Afrizal Kadis Kesehatan Kabupaten Inhil

KILASRIAU.com - Jadwal kedatangan vaksin covid 19 di Kabupaten Inhil diperkirakan akan tiba pada tanggal 16 Januari 2021.

Yang mana sebelumnya kedatangan vaksinasi covid 19 dijadwalkan tiba tanggal 12 Januari 2021. Karena adanya keterbatasan penyediaan vaksin Covid 19 untuk Kabupaten Inhil.

"Untuk saat ini kami telah menerima informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau bahwa diperkirakan akan tiba di Inhil tanggal 16 Januari 2021," jelas Kepala Dinas Kabupaten Inhil dr H Afrizal Darmawan, Kamis (14/01).

Dikesempatan itu juga Afrizal menerangkan bahwa kenapa kedatangan vaksin Covid 19 ke Inhil ditunda, karena ketersediaan nya sangat terbatas sebab diutamakan untuk 3 kabupaten seperti Pelalawan, Pekanbaru, dan Kampar kemudian menyusul 3 kabupaten salah satunya Siak, Bengkalis dan Inhil.

"Intinya kita dari Dinkes Inhil siap untuk menyambut kedatangan vaksin Covid 19 serta mendistribusikan ke masyarakat. Apalagi kita    telah menyediakan tempat penyimpanan vaksin Covid 19 yaitu di PT Farmasi Jalan Prof M Yamin dan kita juga sudah melakukan koordinasi dengan PLN untuk penanganan listril agar tetap dalam keadaan stabil," terangnya.

Lebih lanjut Afrizal menuturkan bahwa sebelum dilakukan vaksin ke masyarakat Dinkes Inhil telah mempersiapkan 10 orang yang sukarela untuk diberikan Vaksinasi ini.

"Sepuluh orang sukarela ini terdiri dari pimpinan pemerintah, tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi dan lainnya. Namun untuk jadwal pendistribusiannya kemasyarakat itu tetap wewenang atau tugas nya Dinas Kesehatan Provinsi," ucapnya.

Untuk diketahui bahwa pengiriman vaksin Covid 19 ke Kabupaten Inhil sekitar 700. Jadi ada tahap-tahap gelombang namu semuanya tetap akan diberikan vaksinasi

"Karena yang akan diberikan vaksinasi pertama itu adalah petugas kesehatan yang berjumlah kurang lebih ada 3671. Maka dari itu perlu tahapan. ntuk yang belum nanti bisa menyusul atau mengikuti tahapan selanjutnya karena kami telah memiliki datanya," tutup.






Tulis Komentar