Warga ODP Corona Bisa Dilacak Tim Gugus Covid-19 Melalui Handphone

Juru Bicara Tim Gugus Covid 19 Inhil, Trio Beni Putra

KILASRIAU.com - Tim Gugus Covid Kabupaten Inhil dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi untuk melacak Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang berada di suatu wilayah. 

Juru Bicara Tim Gugus Covid Inhil, Trio Beni Putra menyebutkan aplikasi yang dibuat oleh DiskominfoPS Inhil ini diyakini bisa membantu masyarakat dalam melacak serta mengurangi ruang gerak bagi ODP yang tidak menjalani isolasi mandiri. 

"Fungsi aplikasi ini bisa melacak keberadaan ODP. Misalnya, sebut saja namanya Udin bersatus ODP namun ia tidak menjalankan isolasi mandiri lantas berkeliaran di pasa, oleh kita yang memiliki aplikasi tersebut bisa mengetahui di sekitar area pasar ada ODP," ujar Trio, Selasa (21/4/2020).

Selain itu, Trio juga menambahkan, aplikasi yang hampir mirip dengan milik pusat tersebut, memiliki manfaat untuk mengetahui zona merah yang ada di Kabupaten Inhil.

"Fungsinya selain mengetahui keberadaan warga yang ODP, aplikasi ini juga bisa menunjukkan area zona merah," jelasnya.

Untuk itu, Plt Kepala DiskominfoPS Inhil ini menghimbau kepada masyarakat dan khususnya Tim Gugus Covid mulai dari Kabupaten hingga ke desa agar bisa mendownload aplikasi ini jika sudah diluncurkan. 

"Sangat bagus buat keselamatan kita dan juga keselamatan orang banyak karena ketika ada ODP di sekitar kita handphone seluler  akan memberikan peringatan sehingga kita lebih waspada. Untuk itu kami himbau seluruh masyarakat pengguna android untuk memiliki aplikasi ini khusus Tim Covid dari Kabupaten hingga desa," tukasnya.

Sementara berkenaan dengan waktu peluncuran aplikasi, Trio menyebutkan pihaknya sekarang tengah mematangkan kesiapan serta terus uji coba mempelajari sisi kelemahan yang belum diketahui.

"Dalam waktu dekat kita lounching namun masih ada sedikit yang harus kita matangkan agar ketika sudah berjalan tidak ada kendala," imbuhnya.






Tulis Komentar