Koramil 01 Memanfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Dinas Bercocok Tanam

Humas Kodim 0314 Inhil

KILASRIAU.com - Koptu Adri Chandra, Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Tembilahan, Kodim 0314/Inhil memanfaatan lahan pekarangan rumah dinas dengan bercocok tanam cabai, kencur, jahe dengan menggunakan polybag di pekarangan rumah dinas asrama Kodim 0314/Inhil, Jalan A. Yani, Parit 9, Tembilahan, Kamis (13/02/2020).

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan perawatan Cabai di polybag dengan cara penanaman dan perawatan yang sangat mudah ,” ujar Koptu Adri Chandra.

Disela - sela kesibukannya sebagai Babinsa Merawat tanaman merupakan kegiatan rutin yang dilakukannya setiap pagi sebelum berangkat ke desa Binaan di wilayah  Koramil 01/Tembilahan.

Koptu Adri Chandra mengatakan dengan bercocok tanam Cabai di polybag, merupakan salah satu cara untuk mengakali masalah ketersediaan lahan. Dengan menggunakan polybag perawatan dan pemupukan sangat mudah dan tidak membutuhkan pupuk dengan jumlah banyak.

"Adapun media tanamnya adalah dengan  tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, kompos, sekam sudah dapat membuat tanaman cabai tumbuh subur," jelasnya.

Hasil panen cabai ini selain digunakan untuk keperluan dapur,, tanaman ini juga sebagai tanaman hias di beberapa perumahan asrama Makodim 0314/Inhil.

"Dengan menanamnya di polybag, diharapkan pembudidayaannya dapat lebih terkontrol dan mudah dalam pemupukan," paparnya.

Selain Cabai, Koptu Adri Chandra juga membudidayakan berbagai macam tanaman palawija yang berguna untuk kesehatan.

"Jahe, Kencur, Kunyit, dan berbagai macam tanaman rempah-rempah juga ikut dibudidayakan. Jadi, untuk sekedar bumbu masak tidak perlu lagi membeli dipasar, "ujarnya".

Ia berharap agar masyarakat dapat mencontoh giat memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan lahan bercocok tanam dengan menggunakan polybag ini sebagai solusi masalah ketersediaan lahan yang sedikit.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal memberikan apresiasi kepada Koptu Adri Chandra yang telah melakukan giat pembudidayaan tanaman dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

"Karena selain hasilnya dapat dimanfaatkan untuk diri sendiri, juga dapat menjadi contoh positif bagi masyarakat. Selain itu juga, pekarangan rumah menjadi lebih cantik dan indah karena selalu dibersihkan hingga menjadi penghijauan pekarangan rumah," ujar Dandim 0314/Inhil.

Dandim 0314/Inhil juga berharap semoga hal ini dapat ditiru atau dijadikan contoh oleh anggota Kodim 0314/Inhil yang lainnya dan juga masyarakat luas.






Tulis Komentar