Umar Harap Terus Sosialisasi Tentang HIV dan AIDS

KILASRIAU.com - Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Pertemuan Stekeholder dalam Rangka Evaluasi Program Penanggulangan AIDS Se- Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Aula Bappeda, Jum'at (20/12/2019).

Dalam acara tersebut mengusung tema "Sinergitas Program Penanggulangan AIDS Mewujudkan Masyarakat Sehat Bebas HIV dan AIDS Tahun Anggaran 2019"

Pelaksanaan Pertemuan Stekholder dalam Rangka Evaluasi Program Penanggulangan AIDS Se- Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tersebut ada lima Puskesmas yang mendapat penghargaan karena telah memberikan terobosan atau inisiatif untuk melakukan suatu program penanggulangan penyebaran HIV dan AIDS.

1. Puskesmas Tembilahan Kota

2 Puskesmas Tembilahan Hulu

3.Pukesmas Gajah Mada

4.Puskesmas Tanah Merah

5.Puskesmas Sungai Guntung

Adapun tujuan dan hasil yang diharapkan dalam pertemuan ini antara lain tercapainya informasi menyeluruh situasi HIV dan AIDS selama tahun 2019 dan kegiatan pencegahan serta penanggulangan HIV dan AIDS di SKPD.

"Terjadinya koordinasi yang baik dan terarah dalam pelaksanaan program penanggulangan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kemudian adanya 1 kata sepakat dalam menanggapi masalah ke depan yang dapat menghambat program penanggulangan HIV-AIDS," kata Sekretaris KPA Inhil H Umar Pulungan

Sekretaris KPA Inhil menututurkan bahwa pengambilan darah dapat dilakukan di klinik baik secara statis maupun mobile dan sampai saat ini Tembilahan sudah bisa merasakan Puskesmas, sehingga dapat mudah mendapatkan akses layanan dan mengetahui status kesehatannya.

"Kita memiliki klinik VCT dengan tenaga terlatih yaitu di rumah sakit umum di Tembilahan dan seluruh Puskesmas di Kabupaten di seluruh Puskesmas sesuai laporan telah memiliki klinik di sedini mungkin tanpa dengan mengeluarkan dana yang sangat besar apabila harus berangkat ke luar daerah," ujar Sekretaris KPA Inhil

Sekretaris KPA Inhil mengharapkan terus berbuat sesuai dengan bidang tugas fungsi masing-masing dengan memberikan sosialisasi aturan yang benar sehingga dengan kesadaran sendiri dapat menjauhi penularan dan bagi mereka yang merasa kesehatannya mengalami gangguan ataupun gejalanya sehingga dapat diketahui sedini mungkin untuk segera mendapatkan pengobatan seperlunya.

"Alhamdulillah, mungkin yang hadir ini adalah orang-orang yang terlibat dalam program Dinas kesehatan dan instansi saat ini telah banyak berbuat kehidupan sehari-hari dalam rangka mencegah dan menanggulangi semuanya penyebaran HIV dan AIDS," tutup Sekretaris KPA Inhil.






Tulis Komentar