Bupati Inhil Sebut Generasi Muda Perlu Sosialisasi Tentang Karakter Bangsa dan Budaya

KILASRIAU.com - Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Inhil laksanakan Sosialisasi Pembentukan Karakter Bangsa, Budaya, Generasi Muda Tingkat Pelajar SLTA/ Sederajat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Senin (16/12/2016).

Dasar hukum pelaksanaan ini adalah mengacu kepada undang-undang Republik Indonesia nomor 15 tahun 2018 tentang perubahan undang-undang dasar nomor 15 tahun 2003 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2002 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme menjadi undang-undang, Peraturan menteri dalam neger] republik indonesia nomor 71 tahun 2012 tentano pedoman pendidikan wawasan kebangsaan, instruksi presiden republik indonesia nomor 12 tahun 2011 tentano pelaksanmn kebijakan dan strategi nasional pemberantasan penyalahgunmn dan peredaran gelap narkoba.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Hotel Inhil Pertama dan dihadiri ratusan Pelajar SLTA Se- Lingkungan Tembilahan.

Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya mengatakan arus globalisasi merupakan fenomena menarik yang sedang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, segala kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni senantiasa berusaha diikuti oleh bangsa indonesia.

"Budaya global dan gaya hidup (Life Style) merupakan dampak paling gentar akibat fenomena ini. Dimana, perkembangannya selalu di ikuti para remaja atau para pelajar, karena kita tahu masa remaja adalah masa yang penuh tantangan serta rasa ingin tahu dan ingin coba-cobo. Sehingga mereka cenderung untuk menyukai perilaku yang mengundang resiko dan menyimpang, seperti mencoba narkoba, ikut-ikutan tawuran, pergaulan bebas, bahkan melakukan kekerasan terhadap gurunya sendiri. Munculnya sikap acuh tak acuh yang datang dari para pelajar, merasa bangga jika bolos sekolah, merokok didepan umum, bahkan mabuk-mabukan dan nongkrong tidak jelas sampai larut malam," Ucap Wardah Inhil.

Bupati menuturkan hal ini tentu bukan sikap yang baik untuk para pelajar. bukan hanya ltu saja, tindakan kriminal, kekerasan, pelecehan, pengrusakan dan kejahatan juga menjadi sorotan dalam masyarakat, karena kebanyakan pelakunya adalah dari para remaja. Dan ini tentunya menjadi persoalan karakter remaja kita, karena tantangan hidup yang semakin komplek dan diwarnai dengan fenomena terjadinya degradasi nilal-nilai luhur tentu menjadi kekwatiran bagi kita semua.

"Makan dari itu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memandang perlu menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembentukan karakter bangsa, budaya generasi muda tingkat pelajar untuk mewujudkan peningkatan kualitas generasi muda yang mampu meminimalisasi penyebab berbagai permasalahan budaya dan karakter bangsa. mengingat pendidikan karakter merupakan proses pewarisan budaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang beretika, berakhlak mulia. bertanggung jawab, berwawasan luas, berjiwa pemimpin dan berpendirian.

"Saya tentunya berharap, kepada para siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi ini, dapat bersungguh-sungguh mendengarkan apa yang disampaikan, seraplah semua yang diberikan oleh para narasumber agar dapat diterapkan dalam kehidupan, karena kalianlah harapan kami, untuk masa depan ini. Dan kepada para narasumber saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya sehingga kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan," harap Bupati Inhil.

Selanjutnya, Kepala Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Inhil Aslimuddin yang diwakilkan oleh Seketaris Kesebangpol Marlis Syarif mengatakan bahwasanya tujuan pelaksanaan ini ialah memberikan suatu pemikiran, gambaran, pengetahuan dan pemahaman bagi keserasian muda saat ini.

"Sekarang para pemuda kita sedang mengalami dilema yang sangat tinggi, dimana dengan teknologi yang serba canggih ini mampu membuat para generasi muda mendapatkan pengetahuan, inspirasi dan lain-lainnya. Maka dari itu, perlu adanya pengawasan dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda kita khususnya Kabupaten Inhil," kata Marlis Syarif.

Seketais Kesebangpol berhap setelah mendapat ilmu dan pengetahuan pada hari ini kedepannya para generasi muda kita ini dapat memberikan suatu pemikiran yang positif bagi pemerintah dan sesama generasi muda.

"Semoga yang disampaikan pemateri dapat membekas di pemikiran anak-anak ku semuanya, Karena kalian lah para generasi-gerasi yang nantinya akan menggantikan kami yang ada didepan ini. Maka dari itu, manfaatkan lah ilmu dan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari," tutup Marlis






Tulis Komentar