Koramil 08 Serma M Darmansyah Beri Wasbang Ke SMP 04 Desa Blaras

Humas DAMDIM 0314

KILASRIAU.com, MANDAH - Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan jenjang pendidikan  yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Sesuai dengan levelnya, pemberian wawasan kebangsaan tersebut disesuaikan usia, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 08/Mandah jajaran Kodim 0314/Inhil Serma M Darmansyah selaku Babinsa Desa Belaras dalam memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SMP 04 di Desa Belaras yang diikuti oleh 36 siswa dan siswi, Senin (04/11/2019).

Danramil 08/Mandah Pelda Suriadi mengatakan, penyampaian materi wawasan kebangsaan ini sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas, dan merupakan penjabaran program Pembinaan Teritorial (Binter).

“Koramil 08/Mandah dalam hal ini telah berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan  Mandah dan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil dalam rangka memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya," kata Danramil.

Lanjut Danramil, dalam pemberian materinya tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak  yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar.

"Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan yang nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI," tambah Danramil.






Tulis Komentar