Ribuan Mahasiswa Pontianak Demo Geruduk Gedung DPRD Kalbar

Ilustrasi

KILASARIAU.com - Ribuan mahasiswa dari sejumlah kampus di Pontianak menggelar demonstrasi menolak RUU KUHP dan UU KPK. Mahasiswa berdemo di depan gedung DPRD Kalbar.

Sebelum berdemonstrasi, mahasiswa dari Untan Pontianak, IAIN dan STKIP Pontianak berkumpul di Bundaran Tugu Digulis Untan Pontianak. Mereka kemudian longmarch menuju gedung DPRD Kalbar, Jl Ahmad Yani, Pontianak, yang jaraknya satu km dari titik kumpul.

Sekjen Solmadapar Kalbar, Heri dalam orasinya mengatakan pihaknya menolak RUU KUHP dan RUU KPK. Mahasiswa menuntut agar anggota DPRD Kalbar mendukung aspirasi mereka.

"Kami juga meminta para wakil rakyat dari Kalbar untuk menandatangani surat pernyataan penolakan terhadap RUU KUHP dan RUU KPK. Kalau para wakil rakyat tersebut menolak maka kami akan menduduki gedung, " ujar Heri dikutip Antara, Rabu (25/9/2019).

Menurutnya, KPK dilemahkan dengan pengesahan revisi UU KPK. Selain itu kedua UU yakni KPK dan RKUHP juga berdampak langsung pada masyarakat luas sehingga harus ditolak.

"Seharusnya pemerintah memperkuat legalitas KPK, bukannya malah ikut melemahkan lembaga anti rasuah tersebut, sehingga memberi celah bagi yang punya kekuasaan untuk melakukan korupsi," ujarnya. 






Tulis Komentar