Pembukaan Riau Expo 2019 di Hadiri Ribuan Pengunjung

Pembukaan Riau Expo 2019

KILASARIAU.com - Dihadiri ribuan masyarakat, pembukaan Riau Expo berlangsung meriah di Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru, Sabtu (31/8/2019) malam.

Kegiatan tahunan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riau ini dibuka langsung Gubernur Riau, Syamsuar dengan ditandai pemukulan kompang.

Saat pembukaan Gubri didamping Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution,

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Agus Joko Saptono, Kepala DPMPTSP Riau Evarefita, dan Forkompinda Riau.

Dalam kesempatan itu Gubernur Riau Syamsuar berharap dengan digelarnya Riau Expo 2019 dapat mencapai target investasi yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Tadi BKPM menyampaikan capaian investasi kita sekarang sudah lebih dari 81 persen atau Rp1,9 triliun dari target 2,4 triliun," kata Gubri Syamsuar.

Karena masih ada target yang harus dicapai, lanjut Gubri, tentu dengan kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bersama pengusaha dan masyarakat, diharapkan target investasi yang ditetapkan pemerintah pusat dapat tercapai. Sehingga kedepan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Riau ini.

"Tadi ada target-target investasi yang harus dicapai di Riau, karena itu harapan kami kepada kepala daerah dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif. Mudah-mudahan target itu tercapai jika kita bersama-sama mempromosikan Riau dan sekaligus memberi kemudahan pelayanan terhadap dunia investasi yang ada di Riau," harapnya.

Karena itu, Gubri juga berharap kepada masyarakat agar menciptakan suasana aman dan damai agar orang senang dan nyaman berinvestasi di Riau, sehingga pertumbuhan investasi di Riau ini bisa meningkat.

Disamping itu, Datuk Seri Setia Amanah ini juga mengajak masyarakat dan semua pihak untuk mensukseskan Riau Expo 2019 yang akan berlangsung lima hari mulai 31 Agustus sampai 4 September 2019.

"Riau Expo ini bagaimanapun bagian dari evaluasi kita terhadap tugas kita, baik provinsi dan kabupaten/kota, atas kemajuan yang telah dicapai pemerintah, dunia usaha, termasuk UMKM yang berkecimpung menggerakkan ekonomi kreatif di Riau," cakapnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Riau Evarefita dalam paparannya menyampaikan, Riau Expo ini merupakan ajang kearifan lokal dalam peningkatan investasi produk unggulan dan ekonomi kreatif, pariwisata, dan UMKM dengan pendekatan teknologi digital.

"Dengan begitu, kita harapkan segala bentuk kegiatan peningkatan investasi sejalan dengan era globalisasi. Makanya Riau Expo 2019 kita mengangkat tema Pesona Riau di Era Industri 4.0 dalam upaya meningkatkan investasi dan pariwisata," katanya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap Riau Expo 2019 dapat dijadikan momentum instrumen investasi dan media informasi kepada masyarakat Riau, Indonesia dan Asia Tenggara.

"Kita berharap dengan diselenggarakan Riau Expo ini bisa menarik minat pelaku usaha tentang berbagai potensi dan investasi yang ada di Riau, dalam rangka meningkatkan investasi dan geliat perdagangan pada investasi ekonomi kreatif, serta destinasi wisata halal," harapnya.

Karena itu dalam iven Riau Expo ini pihaknya melibatkan berbagai pihak, mulai instansi seperti kementerian, pemda di Riau, BUMN, BUMD, dan UMKM, Asosiasi, dan Perbankan.

"Alhamdulillah Riau Expo kali ini kita siapkan 150 stand utama, dan ratusan stand UMKM yang menyediakan berbagai kuliner Nusantara dan perdagangan lainnya dalam meningkatkan geliat ekonomi kerakyatan," cakapnya.






Tulis Komentar