Bupati Inhil Resmikan Festival Sampan Leper di Kuala Getek Tembilahan

KILASARIAU.com - Festival Sampan Leper yang dilaksanakan di Kuala Getek Tembilahan Indragiri Hilir Riau. Festival yang di laksanakan dari tangga 3-4 Agustus 2019. Antusias masyarakat sangat tinggi dilihat dari jumlah penonton yang memenuhi lokasi acara festival Sampan Leper. Sabtu, (03/08/2019). 

Untuk diketahui bahwa festival Sampan Leper ini telah masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Atraksi Budaya Terpopuler tahun 2019.

Gubernur Riau H. Syamsuar diwakili oleh Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal mengatakan Kabupaten Indragiri Hilir telah kembali masuk dalam nomi nasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019. 

"Luar biasa Kabupaten Indragiri Hilir kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, maka dari itu mari sama-sama kita dukung, dengan cara Ketik API (spasi) 11I kirim ke  99386," kata Fahmizal, Sabtu,  (03/08/2019). 

"Kami juga berharap kepada Bupati Inhil mengintruksikan semua elemen baik organisasi, unsur pemerintah untuk mendukung Sampan Leper ini saya yakin pasti bisa mendapatkan peringkat pertama," jelasnya. 

Fahmizal juga menambahkan "apabila dalam perkembangan destinasi wisata Sampan Leper, seperti hutan Mangrove yang dicanangkan tadi, ada Mushalla bagi kaum Muslim, dibangun toilet dan tempat kuliner," tutup Fahmizal. 

Selanjutnya Bupati Kabupaten Inhil HM Wardan mengatakan dalam sambutannya atas nama pemerintah memberikan penghargaan dan Aspesiasi kepada  semua pihak atas terselenggaranya festival ini. 

"Saya Atas nama pemerintah sangat mengapresiasi semu pihak yang telah menyelenggarakan festival ini, apalagi Sampan Leper ini masuk dalam nominasi API," kata Bupati Inhil Wardan. 

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan juga menjelaskan, sejarah sampan leper ini merupakan tantangan kehidupan masyarakat terhadap alam dikala surut memerlukan sarana transportasi terutama untuk menyeberang.

"Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 1993 dan pada saat itu saya masih menjabat sebagai Sekcam.  Maka dari itu, ini patut kita lestari apa lagi sekarang Sampan Leper telah kembali masuk  Anugerah Pesona Indonesia API Awadr," 

Bupati HM Wardan Menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir baik seluruh instansi mari sama-sama kita dukung dan melestarikan Sampan Leper ini dengan cara mendukung Ketik API (spasi) 11I kirim ke  99386.

Selanjutnya pembukaan festival Sampan Leper ini langsung di Resmikan Bupati HM Wardan Kabupaten Indragiri Hilir yang di daping oleh Kadis Prawisata dan Olahraga provinsi, Seketaris Daerah, dan Kadis prawisata,  budaya dan Olahraga Kabupaten Indragiri Hilir.






Tulis Komentar