Paling Banyak di Riau, 25 Hotspot Terdeteksi di Sumatra

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Sebanyak 25 titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera, Sabtu (11/5/2019). Titik panas tersebar di 5 wilayah di Sumatera, termasuk Riau.

"Hari ini titik panas di Sumatera memang ada penambahan. Hari sebelumnya hanya ada 20 titik, hari ini terdeteksi 25 titik," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki, Sabtu (11/5/2019).

Ia merincikan, titik panas tersebut tersebar di provinsi Jambi 3 titik, Sumatera Selatan 6 titik, Kepulauan Riau 1 titik, Bangka Belitung 4 titik dan Riau 11 titik.

"Riau menjadi daerah terbanyak penyumbang titik panas di Sumatra," ucapnya.

Adapun 11 titik panas yang berada di Riau tersebar di 3 wilayah, yakni Bengkalis 4 titik, Rokan Hilir 3 titik dan Kabupaten Siak 4 titik.

"Dari jumlah tersebut, 2 titik diantaranya adalah titik api dan dipastikan adalah aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Hal ini diketahui karena kedua titik tersebut memiliki level konfidence di atas 70 persen," cakapnya.

Dua titik itu berada di Bengkalis dan Siak masing-masing 1 titik. "Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.






Tulis Komentar