21.691 Pengawas Pemilu se-Riau Menyatakan Kesiagaan dan Kesiapan Awasi Pemilu 2019

KILASRIAU.com - Sebanyak 6.000 Pengawas Pemilu mewakili 21.691 orang Pengawas se-Provinsi Riau menyatakan kesiagaan dan kesiapan mengawasi Pemilu Serentak tahun 2019.

Kesiapan dan kesiagaan itu dinyatakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau saat menggelar kegiatan Apel Kesiagaan dan Kesiapan Pengawas Pemilu se-Provinsi Riau pagi Ahad (7/4/2019) di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Bertindak sebagai pembina apel dalam kegiatan ini adalah Ketua Bawaslu Provinsi Riau. 

Dalam kegiatan ini, sebanyak 6.000 Pengawas pemilu tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Pengawas Kelurahan/Desa, Pengawas Kecamatan, serta Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau hadir sebagai peserta apel.

Dalam amanatnya, Rusidi Rusdan menyampaikan kepada peserta apel agar jangan sampai ada kasus atau permasalahan yang mencuat di kancah nasional.

"Setiap pengawas harus mengutamakan pencegahan, jangan sampai ada permasalahan yang mencuat ke tingkat nasional," kata Rusidi.

Selain pengawas pemilu se-Riau, apel ini dihadiri oleh Wakapolda Riau, Ketua DPRD Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Perwakilan Gubernur Riau, insan pers serta LO partai peserta pemilu.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Pengawas pemilu untuk menjaga pemilu bersih yang dipimpin oleh Anggota Bawaslu Provinsi, Gema Wahyu Adinata.

"Kami pengawas Pemilu siap menjalankan tugas mengawasi tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara pemilu tahun 2019 sebaik-baiknya. Kami pengawas pemilu akan menjalankan tugas dengan berpedoman kepada undang-undang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami pengawas Pemilu akan menjaga netralitas sebagai pengawas pemilu," ujar Gema dan diikuti seluruh peserta apel.

Selanjutnya, dilakukan penandatandangan pernyataan oleh para komisioner Bawaslu Provinsi Riau dengan disaksikan oleh seluruh perwakilan Forkompimda Riau dan peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon bersama-sama dengan Forkompimda. Pelepasan balon ini menyimbolkan harapan yang tinggi agar  pemilu Tahun 2019 dapat berjalan aman, bersih, jujur, dan adil.

"Dengan mengucapkan Basmalah, kita berharap agar pemilu di Provinsi Riau mendapatkan Ridho Allah, Tuhan Yang Maha Esa," cakap Rusidi.

Setelah mendengarkan sambutan dari Wakapolda Riau dan  Karo Tapem Pemprov Riau, kegiatan diakhiri dengan senam bersama dan hiburan rakyat.






Tulis Komentar