Ini Sebabnya, Rupiah Anteng Sikapi Data Inflasi

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Nilai tukar terhadapdolar Amerika Serikat (AS) hari ini masih menguat di perdagangan pasar spot. Rupiah anteng, tidak bergerak setelah rilis data inflasi. 

Pada Senin (1/4/2019) pukul 11.00 WIB. US$ 1dihargai Rp. 14.225. Rupiah menguat 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mulai mengumumkan rilis data inflasi Maret pada pukul 11:00 WIB. Pada Maret, BPS mencatat terjadi inflasi 0,11% secara bulanan (month-on-month/MoM) dan 2,48% secara tahunan (year-on-year/YoY). Sementara inflasi inti berada di 3,03% YoY. 

Pencapaian ini tidak jauh dari ekspektasi pasar. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan inflasi 0,12% MoM, 2,5% YoY, dan inflasi inti 3,055% YoY. 

Laju inflasi yang searah dengan ekspktasi pasar membuat rupiah minim dinamika. Tidak ada kejutan dari data inflasi yang bisa menyebabkan rupiah mengalami swing tajam. 

Dengan inflasi yang masih terkendali hingga bulan ketiga 2019, boleh jadi menjadi salah satu pertimbangan bagi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan. Beberapa waktu lalu, Gubernur BI Perry Warjiyo menegaskan peluang penurunan suku bunga acuan terbuka asalkan stabilitas ekonomi domestik terjaga. 

Salah satu indikator stabilitas ekonomi adalah inflasi yang terjaga rendah dan stabil. Oleh karena itu, mungkin pelaku pasar boleh mulai berharap akan penurunan BI 7 Day Reserve Repo Rate meski ini masih tergantung pada satu data lagi yaitu transaksi berjalan (current account). 

Sembari mencerna data inflasi dan menerka-nerka arah kebijakan moneter BI ke depan, pelaku pasar sepertinya enggan terlalu agresif dalam mengoleksi aset-aset berbasis rupiah. Akibatnya rupiah hanya menguat terbatas, tidak seperti mata uang utama Asia lainnya.

Ya, mata uang utama Benua Kuning menguat lebih signifikan ketimbang rupiah. Won Korea Selatan menjadi mata uang terbaik di Asia, disusul oleh peso Filpina di posisi runner-up dan dolar Singapura di peringkat ketiga. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 11:23 WIB
 






Tulis Komentar