Salah Cetak e-KTP di Pelalawan, Tertukar Jenis Kelamin hingga Foto Wajah

KILASRIAU.com - Sejumlah warga di Desa Labuhan Bilik Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau mengaku kecewa ketika menerima KTP Elektronik (e-KTP). Kekecewaan ini, dipicu lantaran e-KTP yang mereka terima terdapat kekeliruan dan salah cetak.

Salah satu bukti salah cetak e-KTP warga Desa Labuhan Bilik ini adalah milik warga bernama Lemi Helmida tempat tanggal lahir, Labuhan Bilik 15-08-1986.

Di KTP tersebut terdapat kesalahan tulis jenis kelamin. Di foto identitas yang bersangkutan memakai jilbab akan tetapi di kolom jenis kelamin ditulis  Laki-Laki.

Salah cetak e-KTP tersebut diunggah di akun facebook atas nama 'Pemdes Bilik'. Unggahannya pun disukai ratusan netizen dan disertai dengan komentar yang beragam.

Di tempat terpisah Kepala Desa Labuhan Bilik, Sudirman Ali mengakui terjadi kekeliruan dan salah cetak e-KTP milik masyarakatnya. 

Bahkan, kekeliruan dan salah cetak e-KTP di Desa Labuhan Bilik, kata Sudirman Ali, bukan satu kasus saja. 

"Ada beberapa buah e-KTP terjadi salah cetak. Baru diketahui ketika dibagikan kepada pemiliknya," terang Sudirman Ali, Jumat (1/2/2019).

Salah cetak ini, sambung Kades, meliputi salah penulisan jenis kelamin hingga, foto wajah yang tertukar. Misalnya, tertukar antara foto istri dan suami. Selain itu tertukar foto antara adik dan kakak.

Atas kejadian tersebut, pemerintahan Desa Labuhan Bilik, kata Sudirman Ali, sudah menyampaikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Pelalawan.

"Kita sudah sampaikan ke dinas terkait dan mereka akan turun," tandasnya.






Tulis Komentar