Pembuakan Musrembang Dibuka Langsung Oleh Camat Keritang

Foto: Musrembang di Kecatan Keritang

KILASRIAU.com - Camat Keritang, Hady Rahman, S.Sos, M.Si membuka dan memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Keritang di Aula Kantor Camat Keritang, Senin (18/2/2019).

Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas usulan Desa dan kelurahan yang hadir pada Musrenbang.

Setiap desa yang hadir diminta untuk menyiapkan 3 usulan pembangunan prioritas dihadapan instansi terkait yang hadir, antara lain, Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhil, Dinas PUPR Inhil, Kesbagpol Inhil, Dinas Perumahan Rakyat Dan Pemukiman Inhil, Dinas Pertanian dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Camat Keritang, Hady Rahman, S.Sos, M.Si menuturkan, apa yang disampaikan oleh para pimpinan desa dan kelurahan sesuai dengan kenyataan di lapangan yang dialami oleh masyarakatnya.

“Usulan jalan dan jembatan tersebut sangat dinanti – nanti masyarakat, apalagi dalam menunjang perekonomian masyarakat. Jalan dibutuhkan masyarakat untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan,” tutur Hady Rahman.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Inhil yang diwakili Abbas membenarkan bila seluruh desa rata – rata mengusulkan infrastruktur dan di nominasi oleh pembangunan jalan, jembatan dan normalisasi.

Oleh karena itu, sebagai penyelenggara pembangunan jembatan, turap, tanggul, normalisasi dan infrastruktur lainnya, Dinas PUPR berharap desa mengetahui usulannya pembangunannya belum terakomodir dalam beberapa tahun terakhir karena memang terjadi penurunan anggaran.

“Jangan nantik menyalahkan kebijakan, ada tadi menyampaikan berapa kali belum terakomodir. Tahun 2017 anggaran kami 255 miliar yang di gelontorkan dan pada tahun 2018 sejumlah 165 miliar, artinya terjadi penurunan, begitu juga 2019 menjadi 150 miliar,” ucap Abbas sebagai perwakilan dari Dinas PUPR yang hadir dalam Musrenbang tersebut.

Penurunan anggaran ini juga dibenarkan oleh Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Inhil.
Menurut Bappeda, semua usulan prioritas desa di Kecamatan Keritang tahun 2017 dan 2018 sudah masuk dalam buku lintang sebagai proyek yang dikerjakan, namun karena adanya rasionalisasi anggaran membuatnya tidak terlaksana.

“Prioritas pembangunan kecamatan Keritang pada 2017 dan 2018 sudah masuk dalam berita acara dari kepala desa, dalam prioritas kita mengalami keterbatasan. Kali ini kita usulkan tiga pembangunan yang betul–betul di inginkan oleh masyarakat karena keterbatasan APBD. Usulan prioritas yang benar–benar menyentuh masyarakat, minimal 3 usulan prioritas tersebut,” jelas Sirajuddin Sayuti sebagai perwakilan Bappeda Inhil dalam Musrendang Kecamatan Keritang.

Terakhir Sirajuddin mengimbau Kades dan semua pihak untuk sama-sama mengawal dan membuat usulan prioritas sesuai prosedural yang benar serta merepresentasikan permintaan masyarakat.






Tulis Komentar