Kakiku Terselamatkan Berkat BPJS Kesehatan

Foto: Istimewa

KILASRIAU.com – Banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaat Program JKN-KIS, kepercayaan terhadap BPJS Kesehatan pun semakin bertambah. Hal ini bisa dilihat dengan tingginya angka kunjungan peserta setiap harinya ke kantor BPJS Kesehatan, baik bagi masyarakat yang baru mendaftar maupun yang sudah lama menjadi peserta JKN-KIS.

Rosmiana yang berusia 54 Tahun merupakan seorang ibu rumah tangga yang menderita penyakit Diabetes Mellitus (DM). Pada September 2018 yang lalu jempol kaki ibu Rosmiana terpaksa diamputasi akibat penyakit yang dideritanya.

Sebagai peserta JKN-KIS yang bergabung sejak tahun 2017, ia menceritakan kisahnya yang merasa sangat  terbantu dengan program JKN-KIS, Rosmiana yang awalnya peserta mandiri, kini pembayaran BPJS dibantu dengan dana APBD.
Rosmiana mengaku 2 kali dirawat di rumah sakit karena mengidap diabetes dan sangat bersyukur dengan adanya BPJS Kesehatan, Rosmiana menjelaskan bahwa selama masa perawatan tersebut ia sama sekali tidak mengeluarkan uang sedikit pun, semua biaya perawatan termasuk obat-obatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, berkat BPJS Kesehatan ia bisa sembuh dari penyakitnya, kini ia tinggal menjalani pemulihan dari pasca operasi.

“Awalnya sebelum menggunakan kartu JKN-KIS saya bingung karena biaya pengobatan saya pasti sangatlah mahal. Tapi untunglah dengan menjadi peserta JKN-KIS saya sudah membuktikan sendiri bahwa program ini sangat membantu dan menolong saya,” ucap Rosmiana terharu.

Rosmiana menyampaikan bahwa pelayanan yang ia dapatkan pada saat menggunakan kartu JKN-KIS sangatlah memuaskan dan merasa tidak ada perbedaan antara pasien yang menggunakan kartu JKN-KIS dengan pasien umum lain.

“JKN-KIS sangat bermanfaat buat saya, jika terlambat saya dioperasi mungkin kaki saya yang akan diamputasi, tapi alhamdulillah cepat ditangani, hanya jempol kaki saya yang diamputasi dan setelah dioperasi sakit yang saya rasakan pun berkurang,” ujar Rosmiana.

“Harapannya, agar Program JKN-KIS ini akan tetap ada sehingga masyarakat tetap dapat terjamin pelayanan kesehatannya,” tambah Rosmiana. Ia juga berpesan kepada masyarakat secepatnya mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan dan membayar iuran secara rutin setiap bulannya, agar nantinya jika sewaktu-waktu jatuh sakit sudah ada yang menjamin pelayanan kesehatannya.






Tulis Komentar