Pelalawan Krisis Air Bersih di Parit Bekang Terselesaikan

KILASRIAU.com - Krisis air bersih yang menimpa warga Parit Bekang, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan akhirnya terpecahkan.

Setidaknya, saat ini masyarakat Parit Bekang telah memiliki sumber air bersih layak guna.

Global wakaf - ACT  melalui program Sumur Wakaf membangun sebuah sumur bor kedalaman 90 meter. Tidak hanya sumur, juga berikut beserta MCK dan tempat wudhu. Sumur wakaf yang dibangun bertempat di Masjid Nurul Iman dari Wakif bernama Futiha Afi.

"Alhamdulillah kami sangat berterima kasih dengan direalisasikannya sumur bor oleh Global wakaf - ACT di Parit Bekang. Selama ini sumber air yang kita gunakan dari aliran parit bekang ini, keadaannya kecoklatan, sedikit berbau," ujar Zainuddin, Ketua RW Parit Bekang saat ditemui di Masjid Nurul Iman.

Ia mengatakan selama ini sumber air yang ada hanya bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. "Sementara untuk keperluan memasak masyarakat di sini membeli air minum," cakapnya.

Hibban selaku program staff ACT mengatakan keadaan masyarakat di Desa Parit Bekang berbeda jauh masyarakat di Kelurahan Teluk Dalam pada umumnya.

"Informasi dari warga sekitar, untuk mencukupi kebutuhan hidup, mereka mengandalkan hasil kelapa tapi sayang harga kelapa jatuh dan terlalu terlalu murah. Selain mengandalkan kelapa, warga Parit Bekang juga bertani tapi jauh perlu 30 Km untuk ke sawah," ungkapnya.

Untuk itu lanjut Hibban, Global wakaf - ACT juga berikhtiar untuk menyelesaikan pembangunan masjid Nurul Iman di Parit Bekang. 

"Saat ini masjid juga terbengkalai. Tapi masyarakat tetap antusias untuk melaksanakan sholat berjamaah," ungkapnya.






Tulis Komentar