CVR Ditemukan, Lion Air Ucapkan Terima Kasih ke TNI hingga KNKT

CVR Lion Air yang Ditemukan (Foto: Pradita Utama)

KILASRIAU.com - Maskapai Lion Air Group mengaresiasi kerja TNI dan Komite Nasiional Keselamatan Transportasi (KNKT). Sebab, telah berasil menemukan Cockpit voice recorder (CVR) yang berkaitan dengan pesawat PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

"Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada tim penyelam TNI Angkatan Laut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) beserta pihak terkait lainnya, yang telah melakukan pencarian dan menemukan salah satu kotak hitam (black box), yaitu alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder/ CVR) berkaitan dengan penerbangan JT-610," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/1/2019).

CVR Lion Air ditemukan lewat misi pencairan yang melibatkan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan mengerahkan KRI Spica-934. CVR Lion Air terdeteksi lewat alat di KRI Spica di koordinat 05 48 46,503 S-107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang dan dapat diangkat dari kedalaman 30 meter oleh tim penyelam TNI AL. 

Selain penemuan CVR, pihak TNI AL juga telah menemukan beberapa bagian diduga tubuh korban (body part) korban Lion Air . Danang mengatakan bagian tubuh tersebut akan diserahkan Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri. 

"Lion Air secara resmi telah menyerahkan CVR kepada KNKT, dan benda yang diduga body part kepada Tim DVI Polri guna proses lebih lanjut, yang akan dilakukan sesuai prosedur," ucapnya.


Tim penyelam juga berhasil mengangkat 7 kilogram bagian tubuh yang diduga milik korban Lion Air JT 610. Bagian tubuh itu kebanyakan yang ditemukan berupa tulang belulang. 






Tulis Komentar