Suhardiman Katakan,Top 10 KEN Adalah Momentum Gerakan Ekonomi Masyarakat

Bupati Kuansing Dr. H Suhardiman Amby, Ak.,MM Ketika Prosesi Pembukaan Festival Budaya Pacu Jalur di Tepian Pantai Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar, Jum’at (31/5/2024). (Dok. Defri Ramadhani / Kilasriau.com).

GUNUNG TOAR (KILASRIAU.Com) — Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Dr. H Suhardiman Amby Ak MM menyampaikan tujuan Pemerintah Daerah (Pemda) melaksanakan disetiap gelanggang untuk mempertahankan budaya Pacu Jalur yang masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nasional (KEN) agar mampu menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat.

Hal itu dikatakan Suhardiman dalam arahannya ketika membuka secara resmi Pacu Jalur di Tepian Pantai Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Jum’at (31/5/2024).

“Dimana saat ini budaya pacu jalur masuk Top 10 KEN atau Kharisma Event Nasional ini diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat Kuantan Singingi sebagai salah satu penggerak perekonomian,” ucap Bupati Kuansing.

Menurut Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby, tujuan Pemda Kuansing melaksanakan pacu jalur di setiap gelanggang atau kecamatan yang ada, selain untuk mendorong perekonomian juga banyak keunikan pacu jalur yang bisa menjadi trend topik oleh wisatawan lokal maupun luar nantinya.

“Festival budaya pacu jalur ini diharapkan mampu sebagai salah satu roda penggerak perekonomian masyarakat hendaknya, terutama Gunung Toar,” kata Bupati Kuansing berharap.

Sementara itu, Desta yang merupakan salah seorang warga pengunjung pacu jalur mengatakan, bahwa dibawah kepemimpinan Bupati Suhardiman Amby, Kabupaten Kuansing semakin menggeliat terutama di bidang kebudayaan dan perekonomian yang dibuat sejalan.

“Selama pak Suhardiman Amby menjadi Bupati Kuantan Singingi ini, kabupaten kita jadi lebih memiliki jati diri sebagai daerah yang berbudaya, beliau berupaya melestarikan dan memajukan pacu jalur dengan sungguh sungguh, ya salah satunya beliau setiap tahun selalu mempromosikan kebudayaan daerah ini ke hadapan wisatawan bahkan tourist manca negara, meskipun banyak rintangan yang beliau lalui namun inilah seni budaya yang beliau dan masyarakat cintai hari ini,” ungkap warga tersebut.

Sebelumnya, Bupati Kuansing H Suhardiman Amby menyampaikan bahwa selain helatan pacu jalur, Pemda Kuansing juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 75 juta untuk pelaksanaan pentas seni sekaligus hiburan dalam rangka meramaikan perhelatan pacu jalur di setiap gelanggangnya.

 

“Kita sudah siapkan anggaran untuk seni dan hiburan, untuk setiap gelanggang, silahkan dibuat sehingga pacu jalur ini lebih semakin meriah nantinya,” demikian dikatakan Suhardiman Amby saat melaksanakan Audiensi Bupati Kuansing bersama masyarakat dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan musholla Kantor Camat Sentajo Raya, Kamis (30/5/2024).*






Tulis Komentar