Masyarakat Bersama Pemdes Kuala Sebatu Kompak Goro Bersihkan Sungai Batang Tuaka

KILASRIAU.com - Untuk memperlancar arus sungai dan menimalisir banjir di saat musim hujan, Pemerintah Desa (Pemdes) Kuala Sebatu bersama beberapa personil Kodim 0314/Inhil, Bhabinkamtibmas serta masyarakat Desa Kuala Sebatu kompak melakukan gotong royong membersihkan sungai Batang Tuaka.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Desa Kuala Sebatu, Amiruddin, S.Pd saat dikonfirmasi wartawan via WhatsApp, Sabtu (23/12/23).

Dikatakannya, bahwa kegiatan gotong royong pembersihan sungai ini rutin dilaksanakan selama tiga bulan sekali, tujuannya adalah agar aliran sungai berjalan lancar dan mengurangi debit air yang meningkat pasca hujan.

"Saat ini musim hujan, jadi untuk mengantisipasi banjir, salah satunya kami Goro bersama membersihkan sungai Batang Tuaka agar aliran airnya berjalan lancar mengikuti arus ke muara," ungkapnya.

Selain daripada itu, kata Amiruddin, gotong royong ini merupakan budaya yang telah lama dilakukan guna menghidupkan kembali rasa kekeluargaan dan kekompakan antar masyarakat dan seluruh stakeholder yang terlibat.

"Kita membangun rasa persaudaraan dalam budaya gotong royong agar semua terasa ringan jika kita sama-sama mengerjakannya," kata Amir sapaan akrabnya.

Terakhir, Alumni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Riyadhatul Jannah Desa Sialang Panjang itu berharap, mudah-mudahan dengan dilaksanakannya Goro tersebut, debit air yang mulanya meningkat menjadi surut.

"Mudah-mudahan setelah pembersihan sampah-sampah dipinggir sungai Batang Tuaka ini, debit air yang awalnya tinggi bisa turun mengikuti surutnya air ke sungai Indragiri," pungkasnya.**






Tulis Komentar