Lestarikan Budaya Lokal, Pemdes Kampung Baru Kecamatan Concong Gelar Lomba Gasing

KILASRIAU.com - Dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya tradisional lokal Pemerintah Desa (Pemdes) Kampung Baru Kecamatan Concong, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertandingan lomba Gasing. Senin, (21/08/2023).

Yang dimana Gasing tradisional di desa kampung baru kecamatan concong diadakan dari tanggal 19-21Agustus 2023, pada umumnya gasing tradisional terbuat dari kayu dan permainannya dengan menggunakan tali yang terbuat dari kulit pohon. Jenis kayu yang biasanya digunakan untuk membuat gasing antara lain menggeris, pelawan, kayu besi, leban, mentigi, dan sejenisnya. Sedangkan di beberapa daerah lainnya gasing juga terbuat dari bambu.

Alat permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh mereka yang tinggal di Jambi, Bengkulu, Sumatra Barat, Tanjung Pinang dan Kepulauan Riau. Bahkan turut dilombakan di acara-acara budaya dan hari nasional.

Maka dari itu, sekdes kampung baru kecamatan concong bambang hermanto menjelaskan agar terus menjaga kearifan dan mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum muda untuk terus menjaga dan melestarikannya.

"Kita berharap dengan adanya perlombaan ini anak-anak muda kita bisa terus menjaga dan melestarikan budaya tradisional ini. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan nya," imbuhnya.

Diakhir perlombaan tersebut Pemdes kampung baru melalui sekdes Bambang Hermanto menyerahkan langsung hadiah bagi para pemenang yang telah ikut berpartisipasi dalam pertandingan gasing ini dan di

Dimana dalam perlombaan tersebut dimenangkan oleh Juara 1 Anton, Juara 2 Doni dan Juara 3 Gembel.

"Selamat bagi para pemenang terus tingkatkan prestasinya dan yang belum menang jangan patah semangat," tuturnya.






Tulis Komentar