Meningkatkan Pembangunan dan Perkembangan Desa, Pemdes Rotan Semelur Laksanakan MD-RKPDes TA. 2024

KILASRIAU.com, Pelangiran - Dalam rangka meningkatkan pembangunan dan perkembangan desa, Pemerintah desa (Pemdes) Rotan Semelur kecamatan Pelangiran Kabupaten Inhil melaksanakan Musyawarah Desa penyusunan rencana kerja pembangunan desa (MD-RKPDes) tahun 2024 Rabu (06/09/2023).

Kades Rotan Semelur Said Zubir menuturkan bahwa Musyawarah kerja ini adalah untuk membahas rencana kerja skala prioritas yang menjadi kebutuhan desa secara menyeluruh.

Jadi, setiap usulan dari masyarakat yang nantinya akan di sampaikan pada saat pelaksanaan musrembang di Kecamatan kemudian disampaikan juga ke Kabupaten agar cepat terealisasi.

"Untuk itu kita berharap segala kebutuhan skala prioritas yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat bisa terealisasikan dan saya juga meminta jangan pernah putus semangat dalam menyampaikan usulan-usulan meskipun terkadang kita harus bersabar karna kondisi saat ini," ujarnya.

Sementara itu, FM Teknik Dodi Irawan menjelaskan dan menegaskan beberapa poin tentang peraturan Menteri nomor Tahun 2014 Tentang Pendoman Pembangunan Desa
dan permendes no 21 Tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sebagai acuan rencana penyusunan RKPdesa tahun 2024.

"Maka dari itu, diharapkan kepada perangkat desa untuk dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi nya sesuai dengan peraturan menteri dalam Negeri no.83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, dan diingatkan juga kepada BPD untuk dapat menyelenggarakan musyawarah pembangunan desa sesuai yang di amanahkan oleh peraturan Mendagri no 110 tahun 2016 tentang badan permusyawaratan desa," sebutnya.

Terakhir, FM Teknik Dodi Irawan berharap semoga usulan prioritas dari masyarakat bisa terlaksanakan, agar apa yang diharapkan segera terwujud dan aparat desa dapat benar-benar memahami serta menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

"Kami menilai pemerintah daerah kabupaten Inhil dan desa tentunya akan terus berusaha agar aspirasi warga bisa terlaksana. Untuk itu harapan dan semangat tidak menyurutkan langkah untuk tetap berusaha semaksimal mungkin demi pembangunan infrastruktur desa yang semakin maju dengan mengacu pada regulasi aturan yang berlaku, sehingga tidak berbenturan dengan masalah hukum," imbuhnya.

Turut dihadiri dalam acara tersebut,
FM Teknik dmij plus terintegrasi Dodi Irawan, ST, pendamping desa dmij Supardi, P3MD PD khamsiar, Camat Pelangiran diwakili oleh Nurdin Kasubag Umum Kepegawaian & Pelangkapan, Kades Rotan Semelur,  Perangkat desa, anggota BPD, Babinkamtibmas Bripka Perdana, Babinsa Serda Cahndra Bastian, RT/RW, Tokoh Masyarakat serta Ibu-ibu Kader PKK desa rotan semelur.**






Tulis Komentar