Kelompok Pondok Baca Batin Tali Bersama Mahasiswa Kukerta Bangun Kampung Desa Berancah Universitas Riau Gelar Kegiatan Peringati Hari Anak Dengan Suku Asli

foto: Istimewa

BENGKALIS – Kelompok Pondok Baca Batin Tali Desa Berancah bersama Mahasiswa KUKERTA Bangun Kampung Desa Berancah Universitas Riau telah sukses dalam menyelenggarakan acara memperingati Hari Anak Nasional 2023. Kegiatan ini berlangsung pada Ahad (23/07/2023) pukul 13.30 WIB s.d selesai di Pondok Baca Batin Tali, Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kegiatan ini berlangsung dengan tema “Anak Adalah Kebanggaan Keluarga, Bangsa, dan Negara. Mari Kita Bimbing dan Berikan Lingkungan Yang Sehat Untuk Generasi Emas Kita, Kelak Bisa Membangun Indonesia Yang Lebih Sejahtera”.

Berlangsung dengan lancar, kegiatan ini dimeriahkan oleh anak-anak dari Suku Asli dan orang tua yang mendampingi. Pada kegiatan ini anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Kegiatan ini sebagai bentuk perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Ketua Pondok Baca Batin Tali, Siti Sofiyah
dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, untuk membentuk karakter anak itu tidak terlepas dari peran orang tua, masyarakat, dan lembaga pendidikan formal ataupun nonformal yang ada di sekitar mereka.

"Dari ketiga elemen itu punya peran penting untuk pemenuhan hak anak agar anak dapat tumbuh sehat berkarakter dan sukses dimasa depan, peran itu diantaranya asih, asuh, dan asah," begitu kata Siti Sofiyah.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif bagi anak-anak di Suku Asli serta menjaga melindungi dan memberikan hak anak dalam melakukan sesuai dengan ekspresi mereka," ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Hari Anak Nasional ini diantaranya adalah lomba mewarnai dari berbagai tingkat, mulai dari PAUD, kelas 1 hingga kelas 3, dan kelas 4 sampai 6 SD.

Disaat yang bersamaan juga disertai dengan lomba puisi, dan dilanjutkan dengan mendongeng oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis dan dari ketua Pondok Baca Batin Tali Siti Sofiyah.

Kegiatan ini berakhir kurang lebih pada pukul 16:00 WIB, acara ditutup dengan pengumuman pemenang, pembagian hadiah, dan foto bersama.

Diharapkan dengan diadakannya acara ini mampu meningkatkan semangat anak untuk kreatifitas serta pengetahuannya untuk pendidikan, serta mempererat tali silahturahmi antara mahasiwa Kukerta dengan Anak- anak di Suku Asli.(*)
 






Tulis Komentar