Dinakhodai Ziyadul Kamal, SMAN 1 Gunung Toar Melesat Menuju Nasional

Foto: Ziyadul Kamal, S.Pd.I.,MA

 

GUNUNG TOAR, KUANSING - Belum lama menjabat sebagai kepala sekolah di SMAN 1 Gunung Toar, Ziyadul Kamal, S.Pd.I.,MA mampu membawa peserta didiknya menuju Nasional.

Hal ini diungkapkan Ketua Forum Literasi Kuansing (FLK), Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd, yang juga pernah menjadi Jurnalis Kuansing TV beberapa tahun yang lalu kepada pewarta Kilasriau.com, Sabtu (24/06/2023) pagi, di Teluk Kuantan.

Dikatakan Ketua FLK bahwa beliau (Ziadul Kamal, red.) adalah sosok guru yang sangat mendukung kegiatan-kegiatan sekolah, sehingga apapun kegiatan akademis dan non akademis selalu mendapat apresiasi yang luar biasa.

"Wajar saja dari beberapa bidang mata pelajaran, salah satunya Seni Budaya. Peserta didiknya berhasil berprestasi di tingkat provinsi Riau," begitu kata Ketua FLK Ronaldo Rozalino.

"Atas nama Arif Oktavio Ramadhan meraih Juara 1 Cabang Desain Poster FLS2N jenjang SMA/MA tingkat provinsi Riau di bawah bimbingan Bayu Fharadila, ST, dan akan mewakili Riau ke Tingkat Nasional beberapa waktu yang akan datang," beber Ronaldo.

Ziyadul Kamal sosok yang ramah, rendah hati, tegas, bersahaja, pada siapapun. Beliau juga sebagai Guru Pengajar Praktik Guru Penggerak  Kurikulum Merdeka Belajar. Sangat jeli melihat potensi peserta didiknya. Sehingga minat dan bakat mereka disalurkan diberbagai ajang kompetisi. Salah satu pemberdayaan peserta didiknya yang jelas mendukung kurikulum merdeka belajar. Pembelajar berpihak pada peserta didik.

Bukan hanya hal itu, beliau juga pernah menjabat sebagai wakil kurikulum SMAN 1 Teluk Kuantan. Pada akhirnya diamanahkan tahun 2023 menjadi kepala sekolah yang 
dilantik oleh Gubernur Riau dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau beserta Sekretaris, Kabid dan Kacab Seluruh Wilayah Riau

Terhadap Ziyadul Kamal, Ketua FLK menggantungkan harapan semoga bisa mewujudkan visi misi Riau yang digaungkan Gubernur Provinsi Riau, yang menjadi program Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yaitu pembelajaran yang menyenangkan, mengikuti perkembangan zaman di era digital yang selaras dengan yang disampaikan tokoh pendidikan, Kihajar Dewantara. Bahwa pendidik tugasnya menuntun peserta didik sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alamnya.

Hal ini tugas seluruh tenaga pendidik dan kependidikan hebat di SMAN 1 Gunung Toar yang bersinergi, bekerja sama dan berkolaborasi untuk memfasilitasi potensi, bakat dan minat peserta didik yang beragam.

Tidak hanya itu saja, dengan dasar Agama yang bagus beliau juga seorang mubaligh yang berceramah disetiap masjid di Kabupaten Kuantan Singingi. Nilai religiusnya kental terlihat dari tutur katanya yang selalu menasihati, memotivasi, murah senyum, ketika berkomunikasi dengan beliau.

"Sosok pemimpin yang demikian adalah yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Suri tauladan umat muslim di permukaan bumi Allah. Banyak hal yang bisa yang diteladani pada sosok Ustadz Ziyadul Kamal sang guru yang selalu bertutur hal-hal positif dalam dunia pendidikan era ini," kata Ronaldo.

"Saya do'akan beliau selalu sehat, dilimpahkan Rahmat berkah dan keridhoan Allah SWT menakhodai sekolahnya. 
Orang baik selalu dilingkungan yang baik, karena Allah Maha Baik, keberkahan senantiasa berlimpah. Masyaa Allah," demikian Ketua FLK, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd yang juga sebagai Ketua Komisi Seni Budaya Islam MUI Kuansing dan Ketua Lembaga Seni Budaya PD Muhammadiyah Kuansing, megungkapkan.(*)






Tulis Komentar